SITE STATUS
Jumlah Member :
484.434 member
user online :
2140 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Suplemen minyak ikan, posisi tidur ibu hamil, USG 4D dan antibiotik.

   

Suplemen minyak ikan, posisi tidur ibu hamil, USG 4D dan antibiotik.
Oleh :


Selamat Siang Dok, Saya ada beberapa pertanyaan seputar kehamilan. 1. selain vit folamil genio dan eazycal apakah boleh untuk mengkonsumsi minyak ikan? 2. bagaimana posisi tidur yg baik di usia kehamilan 26minggu? 3. mengenai usg 4D apakah bisa mendeteksi kelainan pada babynya seperti down syndrome dsb? 4. saya pernah cek urine dan hasilnya ada infeksi disaluran kemih kemudian saya diberikan obat amoxsan, apakah itu harus dikonsumsi seterusnya sampai persalinan dok?saya tanya dokternya tidak memberikan jawaban yg pasti. mohon informasinya. Terima kasih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Suplemen minyak ikan sampai saat ini masih menjadi perdebatan apakah berpengaruh terhadap perkembangan kehamilan atau tidak.  Komponen yang dikenal penting dalam pembentukan dan perkembangan otak pada janin, pembentukan retina, dan perkembangan sistem syaraf adalah asam lemak esensial Omega 3 yang biasanya didapati dari makanan terutama ikan dan minyak ikan.  Bila Anda tidak mengkonsumsi ikan, Anda dapat memenuhi asupan omega 3 melalui suplemen makanan atau minyak ikan. Minyak ikan di buat dari badan ikan ataupun hati ikan, ada pendapat yang menyarankan untuk menghindari minyak ikan yg berasal dari hati ikan.  Untuk asupan protein, Anda dapat memenuhi dari protein nabati seperti kedelai, kacang-kacangan dan sayuran. Perlu diperhatikan bahwa semua ini aman dikonsumsi apabila Anda tidak mengalami alergi terhadap zat-zat tersebut.

Posisi tidur yang terbaik bagi ibu hamil adalah SOS (Sleep On Side) yaitu tidur dengan posisi miring. Lebih baik apabila miring dengan sisi kiri bertumpu pada tempat tidur. Tidur dengan posisi tersebut akan meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta dan bayi anda. selipkan bantal di antara kedua lutut anda dan rapatkan kedua tungkai kaki anda dengan posisi lutut menekuk. Bila anda mengalami sakit pada punggung anda dapat mengganjal punggung anda dengan bantal senyaman mungkin sambil melakukan posisi SOS. Posisi tidur yang sebaiknya dihindari bagi ibu hamil adalah posisi telentang karena dapat mengakibatkan sakit punggung, sulit bernafas, masalah pada sistem pencernaan, hemmorhoids (ambeien), tekanan darah rendah dan menurunnya sirkulasi darah ke jantung anda dan bayi. Posisi lainnya yang harus dihindari adalah tidur dengan perut anda sebagai tumpuan (telungkup), apabila kehamilan anda semakin besar perut anda akan mengalami perubahan fisik dan akan menimbulkan ketidaknyamanan tidur dengan posisi ini.

USG 4 dimensi adalah inovasi dari USG 3 dimensi dan USG 2 dimensi, berbeda dalam bentuk interpretasi gambar (imaging) yang berupa 4 dimensi. Namun dengan pemeriksaan USG 2 dimensi yang biasa digunakan pun dapat mendeteksi adanya kelainan-kelainan yang terjadi. Mengenai mahalnya pemeriksaan tersebut, dimungkinkan karena alat yang digunakan harus di import dari luar negeri dan butuh keahlian khusus dalam mengoperasikannya.  Mengenai pemeriksaan tertentu yang Bunda khawatirkan lebih baik didiskusikan dengan dokter yang mengoperasikan USG tersebut.

Penggunaan antibiotik harus dilakukan dengan patuh, artinya pasien harus meminum dosis yang diberikan oleh dokter dengan tepat sesuai anjuran, tidak melanjutkan membelinya sendiri tanpa resep dokter dan tidak menghentikan pengobatan sebelum waktu yang dianjurkan. Bila ada ketidak patuhan dalam meminum antibiotik maka dapat terjadi resistensi obat. Sebaiknya Bunda tanyakan pada dokter mengenai waktu meminum obat sesuai dengan kasus Bunda.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman