SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
2958 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Sariawan setiap bulan

   

Sariawan setiap bulan
Oleh :


Dear dr. Tanti pagii dok, saya dinda. saya sering bgt sariawan, hampir setaip bln, dan terkadang bibirnya suka pecah2. gmn ya dok solusi dan penyebabnya? makasiiiih:)
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Sariawan (Aphthous stomatitis) dapat timbul dan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti: infeksi (virus, jamur maupun bakteri), keturunan (genetik), trauma (adanya benturan fisik yang disebabkan oleh gigi atau sikat gigi dan sebagainya), kekurangan nutrisi dan vitamin, alergi makanan, dan lain-lain. Maka itu, sebaiknya Bunda memeriksakan diri pada dokter untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi timbulnya sariawan terutama bila adanya luka yang lebih dari satu. Pada perempuan dewasa ada juga didapati sariawan yang hanya timbul menjelang menstruasi setiap siklusnya, hal ini diduga karena adanya perubahan hormonal ataupun faktor stress. 
Dokter Anda akan menentukan terapi yang tepat berdasarkan sumber penyebabnya. Untuk mengurangi rasa sakit dan luka sariawan tersebut, biasanya akan diberikan cream yang mengandung obat anti rasa sakit dan meredakan radang pada sariawan tersebut.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman