SITE STATUS
Jumlah Member :
484.103 member
user online :
2574 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Menentukan masa subur pada siklus 26 hari

   

Menentukan masa subur pada siklus 26 hari
Oleh :


saya ingin bertanya jika siklus haid teratur dengan siklus 26 hari, masa suburnya jatuh pada hari ke berapa ya dok? terimakasih sebelumnya
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Ovulasi dapat terjadi sekitar 2 minggu sebelum menstruasi. Pada umumnya siklus menstruasi terjadi setiap 28 hari, jika seperti ini maka perkiraan ovulasi terjadi pada hari ke-14 siklus menstruasi (hari pertama siklus menstruasi adalah hari pertama haid). Jika panjang siklus adalah 26 hari maka perkiraan hari ovulasi terjadi pada hari ke-12 pada siklus menstruasi. Kesempatan hamil akan cukup besar jika hubungan intim tanpa kontrasepsi dilakukan sekitar 5 hari sebelum ovulasi sampai 1-2 hari setelah ovulasi. Hubungan intim tanpa kontrasepsi akan memberikan kesempatan lebih kecil untuk hamil setelah ovulasi terjadi karena sifat sel telur yang tidak berumur panjang (24  jam). Jika siklus menstruasi terjadi teratur selama 28 hari maka rentang masa subur dapat terjadi pada hari ke-11 sampai ke-15 siklus menstruasi. Jika masa subur setiap 26 hari maka rentang masa subur dapat terjadi pada hari ke-9 sampai ke-13.
Karena panjangnya siklus pada individu kadang terjadi tidak teratur maka lebih baik jika dibuat rentang masa subur. Jika menstruasi tidak teratur maka ambillah 6 siklus terakhir. Hari pertama rentang masa subur adalah jumlah hari siklus terpendek di kurangi 18. Sedangkan hari terakhir dari rentang masa subur adalah jumlah hari siklus terpanjang di kurangi 11.
Jika sulit untuk memperkirakan masa subur, maka dianjurkan hubungan intim tanpa kontrasepsi setiap 2-3 hari sekali untuk memperbesar kemungkinan hamil.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman