SITE STATUS
Jumlah Member :
497.538 member
user online :
1313 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Berat Badan Bunda

   

Berat Badan Bunda
Oleh :


dok.. mau tanya, usia kehamilan saya 31 Minggu.. berat badan saya naik dar bert normal 13 kg sebelumnya 45 skrng 58 apakah tidak apa apa ya dok?....
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda
Pada umumnya kenaikan berat badan pada minggu ke-31 kehamilan akan terjadi kenaikan berat badan Bunda sekitar 8kg. Bila berat badan terlalu banyak dan terlalu cepat meningkat, berhati-hatilah. Gestational Diabetes adalah keadaan diabetes yang terjadi pada kehamilan. Pada para ibu hamil yang mengalami kenaikan berat badan yang sangat tinggi, maka perlu dicurigai adanya resiko diabetes kehamilan. Pemeriksaan gluosa darah yang dapat mendukung adanya diabetes kehamilan adalah, dengan gula darah puasa 126 mg/dL atau lebih tinggi, dengan 2 jam post oral glukosa test menggunakan menunjukkan glukosa darah 200mg/dL atau lebih tinggi ataupun test gula darah sewaktu di atas 200 mg/dL.  Pasien dengan diabetes kehamilan, sering kali memiliki juga tekanan darah yang tinggi dan hal ini dapat juga memberikan resiko yang tinggi pada kehamilan. Konsultasikan dengan bidan atau dokter Bunda mengenai keadaan kehamilan Bunda.
Bila memang ternyata terjadi kenaikan berat badan terlalu cepat dan tinggi maka untuk memperlambat kenaikan berat badan yang terlalu cepat dan besar saat kehamilan, yaitu dengan memperhatikan asupan makanan dan olahraga. Kurangi makanan yang mengandung tinggi lemak dan tinggi kalori misalnya dengan mengganti kudapan yang biasanya mengandung kandungan gula atau karbohidrat dan lemak yang tinggi menjadi kudapan yang sehat  rendah kalori ( air putih daripada minuman manis atau minuman berkarbon, susu skim rendah lemak di bandingkan susu dengan lemak, keju rendah lemak dll).  Olahraga yang teratur serta di sesuaikan pada keadaan hamil juga dapat membantu mempertahankan kebugaran dan berat badan yang diinginkan. Oatmeal merupakan makanan yang mengandung nutrisi yang di butuhkan tubuh, oatmeal cepat saji sebaiknya di hindari. Batasi asupan makanan termasuk oatmeal jika berat badan saat ini sudah termasuk berlebih, lebih baik konsultasi dengan dokter yang memeriksa Bunda untuk lebih jelasnya sesuai dengan keadaan kehamilan Bunda.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman