SITE STATUS
Jumlah Member :
487.899 member
user online :
1564 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Antibiotik saat hamil

   

Antibiotik saat hamil
Oleh :


salam dokter, saya lagi hamil usia kandungan 32 minggu. seminggu yang lalu saya demam tapi tidak terlalu tinggi 37,4c hanya sehari.setelah itu saya batuk. perut saya tegang dan sulit tidur, ramuan tradisional sudah saya coba namun batuk makin menjadi, akhirnya 2 hari kemudian saya kedokter. dokter kandungan memberikan saya obat batuk promedex (2x1 sehari) saya habiskan dan antibiotik longcef cefadroxil500mg (2x1. antibiotik tidak saya habiskan hanya 7 tablet karna saya takut setelah baca informasi dari inet tentang bahaya antibiotik bagi janin. tolong saya dok, apakah antibiotik tersebut berbahaya bagi janin saya? apa dampaknya dok? tolong informasi dok. terima kasih dok.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Obat Cefadroxil merupakan antibiotik golongan Cephalosporin, keamanan penggunaan dalam kehamilan termasuk kategori B yaitu aman diberikan pada ibu hamil dengan pertimbangan bahwa manfaatnya lebih baik jika diberikan pada pasien tersebut karena penelitian pada fetus hewan tidak menunjukkan efek samping namun belum ada studi terkontrol pada ibu hamil dan janin manusia. 
Penggunaan antibiotik sebaiknya di patuhi baik dosis dan lamanya penggunaan, karena bila tidak dipatuhi dengan baik maka dapat menimbulkan resistensi di masa yang akan datang. Artinya, jika penggunaan obat antibiotik tidak sesuai dengan saran pemberian baik dosis ataupun lamanya penggunaan maka bisa menimbulkan kebal dan tidak mempan terhadap jenis obat tersebut. Sebaiknya tidak menghentikan pengobatan ataupun mengurangi dosis obat tanpa konsultasi dengan dokter Bunda untuk mencegah terjadinya komplikasi.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman