SITE STATUS
Jumlah Member :
489.873 member
user online :
892 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Gangguan menstruasi dan hormonal

   

Gangguan menstruasi dan hormonal
Oleh :


assalamualikum dok , saya mau tanya sebelemnya saya pernah keguguran saat kehamil 5mnggu , akhirnya saya dikuret pd tgl 22juni , setelah itu blan juli agustus saya tdk mens dok, sekitar tanggal belasan di blan septmbeer saya mens entah itu drah haid atau pndarahan smpwk tanggal 5 oktober baru berhenti , dlm hal itu saya sudah cek sana sini bidan dan rs , ada yg blang gangguan hrmnal cuma dikasih obatnya gabisa berhenti , dan ke rs di usg akhirnya katanya rahim masih nrmal dan kndisi baik lalu dikasih obat dan akhrnya pe darahannya berhentiii pd tgl 5 okt , tp stlah itu saya sdkit nyeri perut kaya mau mens gtu sktr 3hr an laku hlang , dan saya coba usg lagi katnya masih sehat juha dok , dan smpek skrg bln nvmber sya blm jga mens dok , tolong bantu menyelesesaikan kekhawatiran saya dok krna slama saya beeobat sana sini dibilang msih sehat dan normal , trims
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Gangguan siklus menstruasi  dapat dipengaruhi oleh banyak hal, beberapa diantaranya adalah adanya stress, penurunan berat badan yang drastis, berat badan yang terlalu gemuk, "over exercise"  maupun disebabkan keadaan lain seperti adanya penyakit. Bila tidak ada penyebab organik lainnya, maka stress dapat dicurigai sebagai pemicu terjadinya gangguan siklus menstruasi.
Pada umumnya gangguan siklus menstruasi ini adalah tidak adanya menstruasi (Amenorrhoea). Hal ini dapat berhubungan dengan adanya hormon yang dilepaskan saat keadaan stress dan menekan fungsi-fungsi tubuh lainnya sehingga tidak bekerja seperti biasanya.
Untuk mengatasi hal ini, dokter dapat memberikan terapi hormonal untuk mengatur siklus menstruasi. Bunda sebaiknya dapat mengatur pola makan yang sehat juga olahraga dan istirahat yang seimbang. Dengan keseimbangan gaya hidup yang baik maka ritme tubuh dan stress yang di hadapi tubuh dapat teratasi dengan baik sehingga diharapkan fungsi-fungsi hormonal dapat terjadi dengan baik.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman