SITE STATUS
Jumlah Member :
484.404 member
user online :
1174 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Jerawat dan siklus haid

   

Jerawat dan siklus haid
Oleh :


Siang dok, saya nindy umur 22 tahun, saya belum menikah. saya mempunyai keluhan siklus menstruasi yang tidak teratur sudah 6 bulan ini, padahal sebelumnya siklus saya selalu teratur tidak pernah telat. saya pernah minum obat jerawat yang diberikan dokter spkk saya dulu, tetapi kata dokternya obat tersebut tidak mempengaruhi siklus menstruasi karna antibiotik, dulu pas saya masih minum obatnya, jerawat saya sembuh muka jadi halus akan tetapi siklus menstruasi saya kok jadinya 2 bulan sekali dan itu jatuh ditanggal yang tepat tiap tanggal 29. sudah saya hentikan minum obatnya semenjak 6 bulan lalu, tapi belum normal juga siklusnya. saya mencoba minum habbatussauda tanggal 20 oktober malam , paginya langsung keluar darah seperti haid tapi sampai sekarang darah yang dikeluarkan masih sedikit. mohon saranya ya dok. terima kasih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Nindyanin,
   Gangguan siklus menstruasi maupun adanya nyeri menstruasi (PMS) dapat dipengaruhi oleh banyak hal, beberapa diantaranya adalah adanya stress, penurunan berat badan yang drastis, "over exercise"  maupun disebabkan keadaan lain seperti adanya penyakit. Bila tidak ada penyebab organik lainnya, maka stress dapat dicurigai sebagai pemicu terjadinya gangguan siklus menstruasi. Pada umumnya gangguan siklus menstruasi ini adalah tidak adanya menstruasi (Amenorrhoea). Hal ini berhubungan dengan adanya hormon yang dilepaskan saat keadaan stress dan menekan fungsi-fungsi tubuh lainnya sehingga tidak bekerja seperti biasanya.
   Jerawat juga ada yang berkaitan dengan siklus menstruasi. Pada saat menjelang atau tengah mendapatkan menstruasi, hormon Estrogen dan progesteron mengalami penurunan level, sedangkan hormon testosteron akan selalu tetap dan konstan nilainya. Pada saat inilah jerawat dipengaruhi oleh kadar hormon-hormon tersebut. Hormon testosteron juga ditemukan pada tubuh wanita meski dalam jumlah yang kecil, tidak seperti pada tubuh pria yang dominan dipengaruhi oleh hormon testosteron. Bila kadar hormon testosteron dominan atau berlebih pada tubuh wanita maka akan timbul tanda-tanda seperti tumbuhnya rambut halus pada wajah dan tubuh lebih banyak dari umumnya, berhenti atau tidak teraturnya siklus menstruasi , dapat timbul jerawat, perubahan pada organ seksual ataupun perubahan suara (seperti suara laki-laki) bahkan infertilitas.
   Lebih baik Anda memeriksakan diri pada dokter untuk melihat apakah gangguan siklus menstruasi ini ada pengaruhnya dengan hal-hal tersebut diatas. Untuk mengatasi gangguan menstruasi, dokter akan terlebih dahulu  mencari penyebab utama gangguan tersebut agar terapi dapat dilakukan dengan tepat.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman