SITE STATUS
Jumlah Member :
482.141 member
user online :
2258 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Adakah hubungan sakit di perut bawah dan vagina ketika berjalan dengan wasir ?

   

Adakah hubungan sakit di perut bawah dan vagina ketika berjalan dengan wasir ?
Oleh :


dok ,usia kandungan saya sekarng 32w keluhan yg saya alami kenapa setiap berjalan perut bawah dan daerah vagina terasa sakit ? sakitnya sperti apa susah u/ digambarkan,dan ketika mau memakai celana pun mengangkat kaki saja susah,dr awal hamil sampai skrg saya selalu merasa nyeri di bagian pinggang bawah sampai pantat, saya tdk bgtu paham sakit itu di bag urat, otot, atau tulang yg pasti itu mmbuat saya susah berjalan .. apa smua itu ada kaitannya dengan riwayat saya punya wasir ? saya tdk bgtu puas dgn jwbn dokter kndungan saya yg hnya dbilang kurang mnum air putih dan akibat banyak makan cabe
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda
    Pada ibu hamil dapat ditemui nyeri tulang belakang yang khas yaitu pada daerah lumbar (pinggang) dan pada daerah pelvis ( pinggul). Kedua nyeri ini dapat menjalar sampai paha dan bagian pubis ataupun tidak menjalar. Nyeri pinggang bawah pada ibu hamil dapat disebabkan oleh karena adanya pertambahan badan yang cukup tinggi, perubahan pusat keseimbangan karena perubahan postur ibu hamil dan juga karena adanya perubahan hormonal yang dapat mempengaruhi relaksasi otot dan juga ukuran panggul. Diharapkan setelah proses kelahiran bayi Bunda, nyeri pinggang akan berkurang dan kembali pada normalnya. Nyeri pinggang pada ibu hamil dirasakan memburuk ketika melakukan aktifitas menunduk, membungkuk, menaiki tangga, bangun dari duduk bahkan ketika berjalan. Bunda dapat mencoba beberapa cara untuk mengurangi dan mencegah nyeri pinggang yaitu dengan cara mengikuti senam ibu hamil; beritahukan pada instruktur senam bahwa Bunda memiliki keluhan nyeri pinggang. Ada beberapa gerakan stretching dan juga pelatihan otot yang dapat membantu dalam masalah ini. Selain itu lakukan olahraga rutin 3-5 kali seminggu seperti berjalan kaki, berenang dan lain-lain. Olahraga rutin dapat Bunda lakukan semampunya , tidak sampai kelelahan (10-30 menit). Tidurlah dalam posisi sleep on side, tidur miring ke kiri dan memberi ganjalan bantal atau guling pada daerah lutut. Ketika Bunda berdiri atau berjalan, biasakan untuk menegakkan kepala, pada umumnya karena terjadi perubahan postur ibu hamil maka kepala akan mencoba posisi awalnya sehingga menjadi agak menunduk. Lakukan stretching setelah duduk lama untuk memperbaiki postur tubuh. Lakukan senam Kegel di sela-sela kegiatan Bunda untuk melatih otot panggul.
    Hubungan nyeri dengan keadaan wasir, jika wasir sedang timbul maka nyeri dapat dirasakan. Untuk mencegah perburukan pada wasir, perbanyak makan serat dan asupan air serta rutinkan waktu BAB. Wasir dapat terjadi pada siapa saja, namun pada ibu hamil dapat terjadi konstipasi karena pengaruh hormonal pada kehamilan sehingga hal ini memperburuk atau menimbulkan keluhan wasir akbita BAB yang mengedan.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman