SITE STATUS
Jumlah Member :
485.712 member
user online :
2731 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Masa subur

   

Masa subur
Oleh :


Dok,saya mau tanya Saya baru menikah bulan agustus 2015 lalu..saya dan suami ingin cepat punya anak.. tapi sudah 2 bln lebih belum jg ada tanda kehamilan.. yg saya tanyakan bagaimana cara menghitung masa subur jika haid saya tidak teratur,,saya hanya ingat 3 bulan terakhir siklus haid saya yaitu awal haid tgl 9 agustus 2015. Kemudian tgl 11 sept 2015. dan sekarang tgl 6 oktober 2015 sudah dapat haid pertama..jadi bagaimana cara menghitung masa subur nya?
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, 

Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Para bunda pada umumnya memiliki siklus setiap 28 hari.
Secara teori, ovulasi dapat terjadi pada hari ke-14 di dalam siklus menstruasi yang teratur. Namun tidak ada yang bisa memastikan secara tepat apakah ovulasi terjadi pada hari ke-14 atau di hari lain, maka itu di perkirakan rentang masa subur. Pada siklus yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Rentang masa subur dapat terjadi di antara hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid.

Namun ada juga yang siklus menstruasinya tidak teratur bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. 

  • Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. 
Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Untuk siklus Bunda sendiri dari data yang Bunda berikan, ada yang berjumlah 33 hari (  9 Agustus-  10 September) dan 25 hari ( 11  September- 5 Oktober). Dari data tersebut kisaran siklus Bunda terjadi teratur maka dapat dicari perkiraan masa subur yaitu pada sekitar hari ke-11 sampai hari ke- 16 siklus haid (dihitung dari hari pertama haid). Secara teori masa subur pada siklusHari ovulasi dapat terjadi pada salah satu hari dalam rentang masa subur tersebut.Agar lebih tepat lagi dalam perencanaan hamil, Bunda dapat memeriksakan diri kepada dokter secara langsung.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman