SITE STATUS
Jumlah Member :
497.483 member
user online :
775 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

TP Positif tapi tidak hamil (haid)

   

TP Positif tapi tidak hamil (haid)
Oleh :


Dokter saya ingin bertanya sebelumnya saya ceritakan dulu kronologisnya. HPHT saya bulan lalu tanggal 14 Juli 2015 biasanya kalau haid maju 2 hari, sebulan berjalan tanpa ada gejala apapun sampai tgl 14 Agustus 2015 saya masih belum haid. Tgl 15 Agustus 2015 pagi saya coba testpack dan hasilnya 2 garis, yang satu samar. Saya sengaja tidak ke dokter karna saya nunggu telat 2 minggu dulu, sementara menunggu saya minum folavit, susu ibu hamil, dan saya menjaga asupan makanan serta berusaha tidak terlalu capek. Setelah telat 1 minggu, saya coba Testpack lagi dan hasilnya 2 garis sama terang. Setelah telat 2minggu, tgl 27 Agustus 2015 siang hari pukul 14.00 perut saya rasanya kaku nyeri dan tegang dan disertai flek coklat muda. Sampai malam hari saya merasa tidak kuat menahan rasa nyeri sampai berjalanpun sulit karena terlalu sakit namun flek sudah tidak ada. Pagi hari tgl 28 Agustus 2015 bangun tidur saya merasa nyerinya berkurang namun jadi mules, jam 7 pagi flek lagi. dan akhirnya saya ke RS. Disana saya test urine lagi hasilnya positif 2 garis. Ketika USG hasilnya masih penebalan dinding rahim. disuruh kembali lagi tgl 8 September 2015 sementara saya diberi obat penguat dan asam folat. Dan ternyata siang hari saya makin mules, nyeri dan keluar darah banyak sekali seperti haid beserta gumpalan-gumpalan darah serta ada seperti hati ayam, mules dan nyeri saya langsung hilang. Sampai hari ini darah bersih saya tidak periksa lagi. 1. Menurut dokter apa perlu saya periksa lagi ke SPOG. 2. Mengapa testpack saya positif sedangkan ternyata saya haidnya terlambat 2 minggu padahal selama ini saya tidak pernah telat haid 3. Apakah darah kemarin itu keguguran atau hanya haid biasa, mungkin krn telat makanya perut saya sakit sebelum haid? Mohon jawabannya dokter. Terima kasih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Salah satu tanda bahwa adanya kehamilan adalah dengan berhentinya menstruasi atau tidak datang haid.
Pada tahap awal kehamilan, embrio tampak seperti gumpalan darah, maka itu bila terjadi keguguran pada awal kehamilan sering kali para Bunda tidak menyadarinya. .
Test kehamilan menggunakan urine dan test pack beta HCG dapat dilakukan di rumah untuk melihat apakah ada kehamilan atau tidak. Pada umumnya test ini tergolong akurat kecuali ada keadaan lainnya misalnya pengaruh beberapa obat-obatan atau ada kesalahan pemeriksaan. Selain itu, untuk mengetahui kehamilan adalah dengan pemeriksaan USG untuk melihat apakah ada kantung kehamilan dan janin atau tidak. Ada situasi di mana belum terlihat kantung kehamilan pada pemeriksaan USG namun hasil pemeriksaan kehamilan pada urine test menghasilkan positif hamil. Situasi tersebut dapat dikarenakan adanya kesulitan untuk melihat kantung kehamilan karena tebalnya lemak ataupun posisi pemeriksaan, atau memang belum terlihat adanya kantung kehamilan. Jika demikian maka dalam hal ini diperlukan pemeriksaan ulang. Bila Bunda memang sedang melakukan program kehamilan, tidak ada salahnya kembali pada dokter yang memeriksa Bunda untuk follow-up keadaan Bunda.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman