SITE STATUS
Jumlah Member :
482.218 member
user online :
2375 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Perut kelihatan turun

   

Perut kelihatan turun
Oleh :


sore dok..saya hamil baru masuk 8 bulan tp kata tetangga perut saya sudah terlihat turun seperti 9 bulan...apa itu normal dok??
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

 Untuk mengetahui keadaan perkembangan kehamilan dan janin Bunda, dapat dilakukan dengan cara memeriksakan kehamilan (ANC/ Antenatal Care) setidaknya 4 kali selama kehamilan. Lakukan ANC pada bidan ataupun dokter minimal sebanyak empat kali dalam kehamilan Bunda. ANC dapat dilakukan satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 14 minggu, satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 28 minggu, satu kali ketika sedang masa kehamilan antara 28-36 minggu dan satu kali setelah usia kehamilan 36 minggu. Pada pemeriksaan Ante Natal Care dapat dilakukan pemeriksaan seperti mengukur tinggi fundus, melakukan timbang berat badan Bunda, memperkirakan berat badan janin, pemeriksaan tensi darah, pemberian suplemen asam folat dan zat besi, pemberian imunisasi Tetanus (TT), USG, pemeriksaan Laboratorium atau lainnya sesuai indikasi. 

Pemeriksaan Tinggi Fundus Uteri dan pemeriksaan USG dapat membantu menilai perkembangan kehamilan Bunda salah satunya untuk mengetahui apakah besarnya perkembangan rahim sesuai dengan usia kehamilan Bunda, taksiran berat badan janin dan untuk melihat apakah ada masalah dalam perkembangan kehamilan Bunda. Bila Bunda rutin memeriksakan keadaan Bunda dan dinyatakan sehat maka tidak perlu merasa khawatir. Bentuk tubuh antara bunda yang satu dengan bunda yang lainnya tentu bervariasi dan tidak semata dinilai dari tampak luarnya saja. Rawatlah kehamilan Bunda dengan memenuhi asupan nutrisi yang baik dan cukup serta beraktivitas dan beristirahat yang seimbang.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman