SITE STATUS
Jumlah Member :
484.078 member
user online :
2154 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Keguguran tanpa kuret

   

Keguguran tanpa kuret
Oleh :


Dok saya bulan juli tgl9 keguguran bersih tanggal 15 lalu awal agustus saya TP sudah 3x TP negative trs padahal saya HB kadang keluar dalam, kapan saya haid lg ya dok sudah 26hari blm haid,apakah boleh minum pelancar haid sprti jamu dan ekstrak kapsul ?
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Untuk terjadi kehamilan maka diperlukan adanya pembuahan sel telur oleh sperma. Sel telur akan dilepaskan oleh ovarium pada masa ovulasi. Untuk itu bunda harus bisa mengetahui perkiraan masa-masa subur dalam setiap siklus menstruasi karena ovulasi terjadi pada satu hari di antara masa subur tersebut. Agar ovulasi terjadi dengan baik, maka diperlukan siklus menstruasi yang teratur. Untuk hal ini, Bunda sebaiknya berkonsultasi pada dokter untuk mengatur siklus menstruasi Bunda.

Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Contohnya apabila bunda memiliki siklus setiap 23 atau 28 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid. Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga 1 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18 akan menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11 menentukan hari terakhir masa subur. Pada siklus tidak teratur maka:
Awal masa subur = Jumlah hari terpendek selama 6 siklus - 18
Akhir masa subur = Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus -11

Untuk mengetahui hari tepat jatuhnya masa subur memang sangat sulit, maka itu dihitunglah perkiraan masa subur seperti dijelaskan di atas. Lendir serviks saat masa subur memang berubah menjadi lebih elastis namun harus Bunda bandingkan dari hari ke hari. Bunda dapat menggunakan alat bantu untuk menentukan masa subur dengan menggunakan air ludah ataupun air seni. Penggunaan metode test pack untuk menentukan masa subur ini harus digunakan setiap hari, karena alat ini mendeteksi perubahan hormonal yang terjadi dan dengan cara membandingkan dari hari ke hari tidak hanya pada satu hari atau seketika saja.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman