SITE STATUS
Jumlah Member :
489.620 member
user online :
777 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Penanganan anak batuk dan pilek

   

Penanganan anak batuk dan pilek
Oleh :


Anak saya mengalami Flu + Batuk apa tindakan dan obat yang tepat Dok
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, 

Batuk dan pilek dapat terjadi pada bayi dan balita serta orang dewasa. Penyakit ini yang umumnya disebabkan oleh virus dan dapat sembuh dengan sendirinya, namun demikian, membutuhkan waktu untuk pemulihan. 

Bunda tak perlu khawatir berlebihan. Batuk merupakan mekanisme alami untuk mengeluarkan lendir ataupun benda yang menganggu jalan nafas. Memang menyedihkan melihatnya sulit bernapas karena pilek, tetapi biasanya ia akan sembuh dengan sendirinya. Umumnya batuk pilek akan sembuh dalam 2-3 hari, tetapi bisa juga berlangsung selama 7-10 hari dan disertai infeksi bakteri. Bila lebih dari 2 minggu tidak kunjung sembuh, kemungkinan besar batuk pileknya disebabkan oleh alergi. Bunda bisa membawanya ke dokter bila ia tak sembuh lebih dari 10 hari.
 
Sebelum mendapat penanganan dokter, Bunda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini bila anak bunda batuk dan pilek:
  1. Lebih baik Susui bayi Anda langsung dari payudara Bunda untuk menghindari tertutupnya saluran yang menghubungkan antara hidung dengan telinga.
  2. Bila ingin memberinya antibiotik disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan asal memberinya antibiotik atau obat-obatan lainnya.
  3. Bila demamnya mencapai 38,5 derajat celcius berikan obat penurun panas khusus anak-anak (parasetamol ataupun ibuprofen). Bacalah dosis dan cara pemakaian yang tertera.
  4. Bunda bisa melakukan penyedotan lendir di hidung bayi dengan alat penyedot khusus.

Apabila bayi sudah diberikan pengobatan tetapi masih batuk tidak berkurang atau bertambah buruk, terutama dengan demam dan kelihatan ada kesulitan bernafas, saya sarankan untuk segera diperiksa oleh dokter agar dokter memberikan terapi yang sesuai dengan keadaan anak bunda. Untuk kedepannya, jagalah anak bunda agar tidak terkontaminasi penyakit dari orang dewasa yang sedang batuk pilek, hindarkan dari orang dewasa yang sedang sakit dan selalu berikan susu ASI agar pertahanan tubuhnya baik.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman