SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
3173 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Masa subur setelah menstruasi

   

Masa subur setelah menstruasi
Oleh :


Malam dok, sya mau tnya. Apa bnr berhubungan pasca haid dpt mempercepat proses kehamilan?sya haid terakhir di tgl 16juli kmrin. Dan skrg sya trkdang merasa mual,mdh capek, dan perut bagian bwah trasa kncang klau sya yrlalu cpek.. Mgon info ny y dok krn sy msh blm pham dgn siklus ksuburan. Tks
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Untuk terjadi kehamilan maka diperlukan adanya pembuahan sel telur oleh sperma. Sel telur akan dilepaskan oleh ovarium pada masa ovulasi. Untuk itu bunda harus bisa mengetahui perkiraan masa-masa subur dalam setiap siklus menstruasi karena ovulasi terjadi pada satu hari di antara masa subur tersebut.

Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Contohnya apabila bunda memiliki siklus setiap 23 atau 28 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid. Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga 1 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18 akan menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11 menentukan hari terakhir masa subur. Pada siklus tidak teratur maka:
Awal masa subur = Jumlah hari terpendek selama 6 siklus - 18
Akhir masa subur = Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus -11

Untuk mengetahui hari tepat jatuhnya masa subur memang sangat sulit, maka itu dihitunglah perkiraan masa subur seperti dijelaskan di atas. Lendir serviks saat masa subur memang berubah menjadi lebih elastis namun harus Bunda bandingkan dari hari ke hari. Bunda dapat menggunakan alat bantu untuk menentukan masa subur dengan menggunakan air ludah ataupun air seni. Penggunaan metode test pack untuk menentukan masa subur ini harus digunakan setiap hari, karena alat ini mendeteksi perubahan hormonal yang terjadi dan dengan cara membandingkan dari hari ke hari tidak hanya pada satu hari atau seketika saja.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman