SITE STATUS
Jumlah Member :
290.756 member
user online :
5188 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Mencegah kecacatan pada janin

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Mencegah kecacatan pada janin 18-February-2014
Oleh :


salam kenal dokter, dok saya sedang hamil, usia kandungan saya sudah 8 minggu, saya mau tanya bagaimana mendeteksi anak lahir cacat atau idiot ?bisakan di cegah sejak usia kehamilan dini? anak yg punya kelainan itu di sebabkan oleh apa ya dok?terima kasih untuk jawabannya. -Rini-
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, Untuk mendeteksi awal adanya kecacatan pada janin , pada umumnya dokter dapat menggunakan USG. Saat ini bahkan telah digunakan USG 4D yang dapat menunjukkan bentuk janin dalam gambaran 4 dimensi. Untuk kasus down syndrome, merupakan kelainan kromosom 21 trisom, pada kehamilan dapat di deteksi dengan pemeriksaan cairan ketuban, villi chorionic sampel pada plasenta dan USG (namun kadang tidak dapat mendeteksi dengan tepat). Apabila dalam silsilah keluarga terdapat kasus down syndrome, maka resiko untuk mendapatkan keturunan Down syndrome akan lebih besar di bandingkan bila tidak ada riwayat dalam silsilah keluarga. Kelainan ini merupakan kelainan genetik yang terjadi sejak pembentukan janin. Resiko terjadinya janin dengan down syndrome meningkat bila sang ibu berusia di atas 35 tahun. Demikian jawaban saya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman