SITE STATUS
Jumlah Member :
312.014 member
user online :
1969 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Fam di payudara

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Fam di payudara 18-February-2014
Oleh :


Dokter salam kenal... saya telah menikah selama 5 bln..awal januari tahun ini saya di operasi...diagnosa awal saya terkena FAM di payudara sebelah kiri..tetapi setelah operasi saya dinyatakan terkena abses...untuk informasi puting payudara saya sebelah kiri masuk ke dalam... karena kata dokter bedah yg menangani, saya diperbolehkan hamil...hari senin kemarin saya minum obat dari cina yg diminum setelah haid..yang berfungsi untuk menambah kesuburan..seminggu setelahnya pada payudara saya muncul lagi benjolan di tempat yg sama...yang ingin saya tanyakan : 1. apakah abses yg dulu saya derita bisa muncul kembali? 2. apakah ada hubungannya dengan obat cina yg saya minum? 3. bagaimana untuk mengatasinya agar tidak muncul kembali? 4. apakah aman bagi saya untuk hamil? terima kasih atas perhatian yg dokter berikan....
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Abses payudara dapat saja terjadi kembali apabila terjadi infeksi pada payudara anda. Benjolan yang kini timbul dapat berhubungan dengan kasus yang terdahulu ataupun merupakan kasus baru. Sebaiknya anda memeriksakan kepada dokter bedah yang dahulu melakukan operasi terhadap abses payudara anda agar dapat menjadi follow up terhadap kasus yang kini terjadi. Untuk mengetahui jenis benjolan tersebut maka sebaiknya dilakukan biopsy terhadap jaringan tersebut. Untuk pencegahan terjadinya infeksi, anda harus memperhatikan kebersihan payudara, pastikan tidak terjadi adanya luka atau lecet pada permukaan kulit atau puting susu yang biasanya menjadi pintu masuk infeksi. Apabila anda mengkonsumsi obat-obatan sebaiknya telah jelas kandungan zat di dalam obat tersebut agar dapat dilihat efek dari obat tersebut baik dan buruknya. Mengenai boleh atau tidak anda untuk hamil kembali, saran saya anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu mengenai benjolan tersebut, dan dapat di diskusikan setelah mengetahui hasilnya. Demikian jawaban saya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman