SITE STATUS
Jumlah Member :
138.676 member
user online :
5540 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Obat tetes telinga untuk balita

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Obat tetes telinga untuk balita 18-February-2014
Oleh :


Gadis mungil saya berusia 3 Thn tidak mau dibersihkan telinganya katanya geli sehingga kotoran telinganya saat ini menggumpal didalam. saya sudah coba untuk membersihkannya secara paksa tapi tak berhasil juga, saya juga sudah coba membersihkannya saat dia tertidur pulas tapi tak berhasil juga karena dia akan langsung menutup telinganya sambil merengek. jalan terakhir yang saya lakukan adalah dengan meneteskan minyak makan ketelinganya, alhasil sebahagian kotorannya akan keluar. tapi saya takut apakah akan berakibat buruk bagi anak saya? dan layaknya kapan saja kita membersihkan telinga? mohon dok solusinya bagi anak saya?? thanks before
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Kotoran telinga atau ear wax berfungsi untuk menjaga liang telinga dari infeksi dan menjaga telinga agar tetap bersih. Membersihkan kotoran telinga dilakukan bila kotoran telinga telah menumpuk dan menganggu (menimbulkan rasa tidak nyaman atau menganggu pendengaran). Sebaiknya membersihkan kotoran telinga tidak dengan cotton buds karena dapat mendorong kotoran semakin jauh ke liang telinga dan menjadi keras. Anda dapat meneteskan tetes telinga khusus untuk membersihkan serumen (ear wax) biasanya disebut ear wax removal yang dapat Anda beli di apotik, ikuti petunjuk penggunaan dari produk tersebut, atau dapat menggunakan baby oil yang diteteskan sebanyak 2 atau tiga tetes beberapa saat sebelum membersihkan telinga. Berhati-hatilah dalam membersihkan telinga, jangan sampai melukai dinding telinga dan gendang telinga. Apabila kotoran telinga telah menjadi padat dan sulit di keluarkan, anda dapat mengunjungi dokter spesialis THT untuk membersihkannya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman