SITE STATUS
Jumlah Member :
138.676 member
user online :
5526 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Benjolan pada payudara saat masa menyusui

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Benjolan pada payudara saat masa menyusui 18-February-2014
Oleh :


malam dok,saya seorang ibu menyusui..(usia anak baru 3 bulan).sejak usia kehamilan 7 bulan di payudara saya ada benjolan kecil terkadang hilang sendiri,tapi tiba2 suka muncul dengan sendirinya.saya tidak memperdulikan nya karena tidak ada efek sakit.setelah melahirkan benjolan nya semakin membesar.saya konsultasi ke dokter,katanya hanya penggumpalan air susu,katanya dengan di hangatkan dengan bantal kompres(bantal karet berisi air hangat)benjolan tersebut bisa hilang.saya coba saran dari dokter itu,eehh malah nambah benjolan nya jadi 2,saya pikir air susunya sudah mencair.saya coba terus kompres tiap hari sampai sekarang benjolan nya malah bertambah lagi jadi 3 kadang terasa sakit pada benjolan induk nya.warna kulit payudara yang ada benjolan nya pun berubah jadi kering(seperti keriput agak kecoklatan).apa saya dikategorikan mengidap kanker payudara??mohon jawaban dan sarannya,terimakasih.wassalam
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Pada ibu yang menyusui, masalah yang sering terjadi pada payudara adalah adanya mastitis, karena penumpukan air susu, timbunyal benjolan dan rasa nyeri di berikan pertolongan dengan obat anti rasa sakit dan kompres hangat, namun bila telah terdapat nanah maka dokter akan memberikan antibiotik. Apabila kecurigaan bunda melebihi dari keadaan tersebut, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan karena keadaan pada paudara bunda telah berkembang dari pemeriksaan yang terakhir. Kemungkinan akan di lakukan pemeriksaan USG atau pemeriksaan payudara lebih lanjut lagi. Untuk mengetahui apakah itu suatu tumor, abses ataupun kanker di butuhkan pemeriksaan lebih jauh lagi. Pertama dokter akan memeriksa secara fisik benjolan tersebut, lalu berdasarkan hasil pemeriksaan itu akan dilanjutkan pemeriksaan selanjutnya yang bertujuan mengetahui jenis benjolan tersebut. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman