SITE STATUS
Jumlah Member :
493.665 member
user online :
1504 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Dokter

Untuk memasukan pertanyaan Bunda, silahkan ke halaman menu Helpdesk.
Cari pertanyaan:
Pilih pertanyaan seputar:
Pertanyaan Terpilih
Subject : Meninggal dalam kandungan
Oleh :


"Dok, saya mau tanya.. Pada bulan maret 2012 lalu saya melahirkan dengan cara diinfus picu,dan dipasangi alat seperti balon untuk merangsang pembukaan jalan lahir,dikarenakan janin meninggal didalam kandungan saat usia kehamilan 35 minggu. Sebelumnya saya mlkukan USG, tidak terlihat tanda-tanda kelainan pd janin saya,saat itu usia kehamilan sy 27 minggu. Suatu hari sy merasakan gerakan janin melemah,lalu saya periksa ke bidan,namun denyut jantung bayi msih normal. Dan hingga suatu hari, saya mengalami batuk dan demam,dan nyeri di perut. Saat sy mlkukan pemriksaan rutin,bidan mengatakan tidak ada denyut jantung janin,diulang lg msih saja tidak ada.lalu saya prgi k rumah sakit dan USG, dokter mengatakan janin saya sudah meninggal, dan terdapat cairan asites dalam rongga perut janin saya. Saya sedih sekali,karena ini merupakan anak pertama saya. Dan saat saya usia kehamilan 2 bulan sampai memasuki 5 bulan, saya demam lalu flu tidak sembuh-sembuh.namun stlah bulan ke 5, saya tidak flu lagi. Dok, apa yg hrus saya lakukan?pemeriksaan apa yg harus saya lakukan agar nanti saya hamil lagi tidak terjadi hal yg demikian. Terimakasih atas jawaban dokter."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Janin meninggal (IUFD)
Oleh :


"Dok,saya mau nanya bulan mei lalu saya mengalami keguguran ,bukan keguguran sih bun tp tepat nya bayi yg saya kandungin meninggal dunia di dalam perut (IUFD),,dokter tidak tau persis apa penyebab bayi saya meninggal dunia ,pertanyaan saya apa mungkin meninggal nya bayi saya dalam perut ,mempengaruhi rahim saya (tidak dapat hamil lAgi) trimakasi dok ? "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
 
Subject : Asam folat 1000mg
Oleh :


"Dokter tanti, Saya mengalami janin meninggal di dalam kandungan, dengan tidak ada tanda-tanda pendarahan, maupun flek, hanya saja sebelum saya mengetahui janin sudah meninggal, saya merasakan badan menjadi ringan sehingga saya mengira sudah lewat masa2 trisemester 1, kebetulan janin yang saya kandung berumur 20 minggu,yang saya ingin tanyakan adalah setelah proses pengeluaran janin ( saya tidak dikiret dikarenakan janin beserta plasenta dapat keluar sendiri tanpa tertinggal jaringan di rahim ), saya diresepkan asam folat folavit 1000mg dengan dosis 1hari 4x, dan dianjurkan untuk tidak hamil selama 3 bln, apakah kegunaan folavit dengan dosis tsb di tubuh/ rahim saya? Karena sempat saya baca2 jika rata2 diresepkan folavit hanya yang dosis 400mg itupun juga 1x. Terima kasih sebelumnya dok jika berkenan menjawab"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Ibu hamil terkena cacar,berbahayakah bagi janin yang dikandung?
Oleh :


"Dok, usia kehamilan saya 20 minggu. Suami saya sedang terkena cacar air. Sedang saya lupa riwayat kesehatan saya, apakah pernah terkena cacar air atau blm? Yang ingin saya tanyakan, seberapa besar resiko atau bahaya terhadap janin yg di kandung jika ibu hamil terkena cacar air? Dan bagaimana cara pencegahannya, agar tidak tertular cacar air?"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : CMV
Oleh :


"Selamat pagi dok, saya ibu yang setahun lalu melahirkan seorang bayi yang meninggal dalam kandungan, dikarenakan janin asites. Saya sudah cek TORCH, hasilnya CMV IgG positif 36, IgM negatif, hasil yg lainnya negatif. Apa saya sudah bisa hamil lg dok, dan berbahaya atau tidak pd kehamilan saya nanti. Karena saya sudah ingin hamil kembali. Terimakasih atas jawabannya dok.."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Mudah terkena flu dan keputihan pada saat hamil
Oleh :


"Dok,sakarang saya hamil 15 minggu. Ini kehamilan saya yang kedua. Tetapi kondisi kehamilan kali ini berbeda daripada yg pertama. Dulu meskipun saya mual dan muntah saat 3 bulan pertama tapi kondisi saya tetap fit. Sekarang, saya lebih mudah terserang flu dan keputihan berkepanjangan ( meskipun bening dan tidak gatal). Adakah efek sampingnya bagi janin yang saya kandung?"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Infeksi Saluran Kemih Dimasa Kehamilan
Oleh :


"Dok 2 tahun lalu saya terkena ISK, penyakit ini terus kambuh berulang semenjak itu dan saya hampir selalu mengkonsumsi obat dari ginekolog saya yg biasanya berupa antibiotik. biasanya hanya berselang sembuh sebulan sampai kambuh lagi, saya juga sudah banyak meminum air putih seperti yang dianjurkan, saya juga pernah mencoba meminum air parutan kunyit selama berturut2 sebulan tanpa meminum obat dari dokter selama kambuh dan hasilnya hampir sama seperti obat dokter. sehingga sampai sekarang ini saya hampir tidak pernah berhenti meminum obat semenjak 2 tahun lalu. sekarang saya sedang hamil masuk minggu ke 10 , dan penyakit ISK ini kambuh lagi semenjak hamil saya menginjak minggu ke 4, sudah 3 kali kontrol ke ginekolog saya dan diberi antibiotik yg biasanya habis selama 3-4 hari, ( sudah 3 kali dosis tersebut diberikan semenjak minggu ke 4 tersebut) sejak minggu ke 4 ISK saya kambuh, saya diberi antibiotik, setelah habis, masih sakit, kemudian diberi lagi antibiotik sampai 3 kali pemberian. sampai skrg ISK saya masih sakit terutama di daerah perut hingga merasa demam dan susah berdiri, yang saya takutkan adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi antibiotik apakah tubuh saya sudah kebal, apakah efeknya mengkonsumsi antibiotik terus menerus, juga pengaruhnya terhadap janin yg saya kandung. berbahayakah mengidapa ISK disaat hamil? ginekolog saya mengatakan bisa menyebabkan bayi lahir prematur dan mengapa ISK saya tidak kunjung sembuh? tolonglah saya dok, saya bingung dengan keadaan saya ini, dan juga memakan banyak biaya sekali untuk berobat serta melakukan test di laboratorium yg sudah saya lakukan berulang ulang kali. terima kasih."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Memberikan ASI saat hamil
Oleh :


"Dear Dr. Tanti yg Cantik... Saat ini saya lagi Hamil ke-2 dgn usia kandungan 9 Minggu, & Sampai saat ini jg, anak sy yg pertama (2Tahun) masih saya beri ASI tp cukup malam klo dah mo tidur (abis suka ngambek klo nggak diberi ASI) nah yg mo saya tanyakan, apa ada efeknya memberi ASI pd saat kita Hamil baik buat IBU, Anak, Juga Janin yg kita kandung? Terima Kasih... ~Bunda Oi~"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Cacar air pada ibu hamil
Oleh :


"Dokter Tanti, saat ini saya sedang hamil 4 bulan 3 minggu, seminggu yang lalu saya terkena cacar air tapi tidak parah, kira-kira ada 10 bintik berair, karena kami sekeluarga kena virus cacar air berawal dari putri pertama saya cukup parah, kemudian suami & putri kedua cukup parah, dan saya, apakah itu berbahaya buat janin saya dalam kandungan? karena meskipun saya tidak parah, selama suami & anak-anak saya sakit saya yang merawatnya dan menyayanginya. Saya membaca artikel-artikel diinternet berbahaya sekali virus itu apa benar demikian? dan apa yang harus saya lakukan untuk mengetahui janin saya terkenan virus apa tidak, cara menaggulanginya atau ada pengobatan atau terapi agar janin saya tetap baik-baik saja? Tolong saya dibantu, saya merasa tegang sekali, selama saya cacar itu saya tidak periksa ke dokter karena saya merasa itu penyakit ringan. Dan untuk putri-putri saya, apakah penyakit itu berbahaya buat mereka? Demikian pertanyaan dari saya, sekian terima kasih. "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Cytomegalo Virus dan kehamilan
Oleh :


"Salam kenal dok! 4 bulan lalu saya melahirkan bayi saya yg sudah meninggal dalam kandungan dengan usia kandungan 34 minggu,lalu saya disarankan untuk test TORCH,hasilnya saya positif CMV Igg konsentrasi 39 yg lainnya negatif,2 minggu lalu saya periksa konsentrasinya menjadi 36,yg ingin saya tanyakan 1.apakah saya sudah aman untuk hamil kembali dok? 2.apa dampaknya apa bila saya hamil lg dok? 3.apa yg harus saya lakukan agar bayi saya lahir selamat dan sehat dok?"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : KB PIL
Oleh :


"Pagi Dokter.. Saya ingin bertanya,pasca melahirkan normal tetapi bayi saya meninggal dalam kandungan,saya disarankan untuk KB terlebih dahulu dan disarankan memakai KB Pil..sekarang sudah hampi 5bulan saya KB dan ingin berhenti,pertanyaan saya apakah rahim saya sudah kuat dan siap untuk hamil lagi? Mohon jawaban nya dan terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Perubahan mood pada ibu hamil
Oleh :


"Dok hari ini saya sedang kesal terhadap suami saya...apabila ibu hamil mengalami perubahan mood seperti kesal jengkel dll akan berpengaruh tidak trhdp janin yg di kandung?soalnya janin nya lgsg gerak2 tak bisa diam.."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Janin yang tidak terlihat dalam kantung janin
Oleh :


"Siang dok sy beumur 26th mens teakhr 29April'15 seharusnya kehamilan sy memasuki 10minggu kmrn diperiksa ada 2 kantung janin tp tdk berkembang krna tdk telihat ddlm kantung janin,sy dsuruh utk kuret tp sy tdk mau krna tdk merasa ada keluhan sperti flek,akhrnya sy pilih second opinion ke ahli obgyn di RS yg berbeda dokter yg kedua hny menemukan 1 kantung saja tp sm dblng krng bagus tdk terlihat ada janin ddlm kantung,dsuruh tunggu 2minggu lg dan dscan lg nanti,apakah ada harapan janin sy berkembang dok?apa yg sy lakukan?trima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : KANDUNGAN KOSONG
Oleh :


"Terimakasih atas perkenalannya.Saya tertarik web ini karena membaca salah satu diskusi ttg janin tidak terlihat padahal sudah usia kandungan 2 bulan. seminggu yg lalu, tepatnya 17 Juni hasil USG kata dokter yang menangani, tidak ada perkembangan pada janin. Alias, kantung kosong, tidak ada janin. Saya agak shock mendengarnya. Karena dokter menyarankan untuk dikuret,atau USG lagi seminggu kemudian tanpa memberikan vitamin atau apapun untuk kandungan supaya janin berkembang. Menurut dokter tersebut, tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu hasil USG selanjutnya. kalau dibiarkan akan menjadi kanker atau sejenis tumor. Ini kehamilan pertama di usia yang rawan, 38 tahun. Jadi saya takut membayangkan semua itu. Tapi membaca diskusi info bunda di atas, ttg janin tidak terlihat, jadi saya agak terhibur. Saya memastikan pada saat USG kemarin, kandungan saya baru menginjak 9 minggu, sedang batas kehamilan kosong adalah 10 minggu. Tapi lagi-lagi saya bingung, masuk info bunda ternyata kehamilan saya sudah 14 minggu. Dan fase2 yang disebutkan info bunda tentang nafsu makan mulai muncul, mual mulai berkurang pada usia 14 minggu, sepertinya saya alami saat ini. Apa yang seharusnya saya lakukan bila hasil USG menunjukkan kehamilan kosong? Sementara, saya tidak mengalami perdarahan luar atau pun dalam. Apakah memang harus dikuret? Apa boleh mengganti dokter lain? Selama hamil, saya menggunakan dokter perusahaan. Dan kesannya efisien sekali dan profesional, dua kali pemeriksaan, langsung USG. Pada pemeriksaan pertama saya hanya diberikan resep berupa asam folat."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Screening Janin
Oleh :


"Salam Dok saya ingin tanya, saya sangat ingin tau tentang informasi screening janin dok, saya tinggal di bandung, dokter ada rekomendasi tenpat yg bisa saya tuju untuk mendapatkan layanan ini, karena saya sangat hawatir dengan kondisi janin saya. saya ingin memastikan kondisinya sehat hingga nantinya ketika dia lahir. saya ingin memaskitan tidak ada permasalahan bawaan yg mungkin saja muncul. sehingga kalo pun ada bisa diantisipasi sejak dini.. terima kasih tifa"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini