SITE STATUS
Jumlah Member :
492.788 member
user online :
1373 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- menunggu buah hati



Blog posted by

4 Manfaat ASI ekslusif


Blog posted on 16-02-2017

Selama beberapa tahun terakhir pemberian air susu ibu secara ekslusif sudah menurun drastis. Tidak banyak bunda dan ayah yang paham akan manfaat ASI ekslusif , namun ayah bunda tidak bisa disalahkan secara sepihak begitu saja. Memang, telah beredar mitos yang cukup terdengar masuk akal padahal kebenaran menyatakan tidak, yaitu mitos bayi membutuhkan asupan gizi diluar air susu ibu. Mitos inilah yang menyebabkan ribuan orang tua berbondong bondong memberikan air, buah, sayur, dan banyak lagi untuk memenuhi kebutuhan gizi anak padahal hal ini sangat tidak diperlukan ketika bayi masih baru lahir.



Terdengar tidak masuk akal, memang, karena bayi kerap menangis ketika masih berusia muda sehingga hal ini dikaitkan dengan tingkat lapar bayi, kemudian muncul anggapan air susu ibu tidak cukup untuk si kecil padahal tidak demikian. Bayi menangis, karena memang bayi mudah lapar. Pada artikel 4 manfaat ASI ekslusi hanya membahas beberapa walau sebetulnya masih ada banyak lagi manfaat memberikan air susu ibu secara ekslusif pada malaikat kecil anda.




  1. Air susu ibu paling ideal bagi bayi

    Percaya tidak percaya, organisasi kesehatan internasional atau world health organization (WHO) merekomendasikan untuk menyusui bayi dengan air susu bunda selama 6 bulan pertama, bahkan sampai bayi mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping asi selama paling tidak setahun. Semua kebutuhan nutrisi bayi selama 6 bulan sudah ada dalam air susu ibu dalam kadar yang sangat pas. Walau air susu ibu terlihat biasa, alias putih secara kasat mata, kandungan air susu ibu terus berubah mengikuti kebutuhan bayi terutama pada bulan pertama.

    Di waktu awal menyusui, Tubuh memproduksi kolostrum, yaitu suatu senyawa berwarna kuning, sedikit menggumpal, dan kaya akan protein, tapi rendah gula serta berbagai nutrisi lain. Kolostrum sangat ideal bagi pencernaan bayi yang belum sempurna, dan membantu proses pembangunan pencernaan. Nantinya, air susu ibu akan keluar lebih banyak kala pencernaan bayi mulai membesar dan butuh isi lebih banyak. 

     

  2. Air susu ibu sebagai asupan anti bodi

    Pada penjelasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa air susu ibu kaya akan kolostrum, lantas darimana anti bodi manfaat ASI esklusif berasal ? selain protein, kolostrum juga mengandung IgA (immunoglobulin A). Namanya terdengar asing ? ya memang, IgA bekerja dengan cara membangun lapisan lapisan pelindung di dalam hidung, tenggorokan, dan penceranaan bayi.



Tubuh manusia itu unik, kala bunda terserang penyakit flu sekalipun, secara otomatis akan membentuk anti bodi yang di ‘setor’ ke air susu ibu !

Hal inilah yang menyebabkan bayi makin kebal dan lebih tahan ‘banting’, mengisap air susu ibu yang sedang terkena flu malah memberikan banyak panthogen untuk kebutuhan bayi nanti. Yang membuat bayi tertular penyakit ibu bukan dari air susu ibu, melainkan ibu tidak menjaga kebersihan dengan baik. Bunda harus sering membasuh tangan sebelum memegang bayi kalau memang sedang terkena flu.

Susu formula termahal sekalipun belum tentu memberi anti bodi sebanyak air susu ibu. Anti bodi yang dibicarakan adalah anti bodi yang memang dibutuhkan bayi pada saat ini. Bayi yang sering meminum air susu ibu cenderung terhindar dari pneumonia, diare, dan infeksi lainnya.

 




  1. Berat badan bayi ideal

    Anda tidak perlu membatasi makanan bayi atau melebihkannya agar mencapai berat badan bayi ideal. Air susu ibu diciptakan sesuai kadar yang dibutuhkan sehingga berat badan bayi sesuai dengan kemampuan tubuhnya saat ini. Suatu penelitian menunjukkan bahwa tingkat obesitas menurun 15% – 30% pada bayi yang disusui dibanding bayi yang diberi susu formula. Bahkan semakin bayi bertambah tua, tingkat obesitas ini terus menurun hingga 4%.

    Kemungkinan besar karena air susu ibu mengandung bakteri gut. Jangan berburuk sangka dulu, bakteri satu ini bertugas mengontrol kadar lemak dalam bayi, ia tidak sendirian melainkan dibantu oleh leptin, hormon yang berperan mengendalikan nafsu makan dan juga ketersediaan lemak dalam bayi. Cukup menjelaskan kenapa bayi memiliki nafsu minum air susu ibu yang berbeda beda tiap kali usianya bertambah, termasuk rasa lapar yang ia rasakan. Kedepan, bayi bisa mengontrol sendiri pola makan sehat sehingga mencapai berat badan ideal. Anda tidak perlu repot repot lagi, cukup berikan kasih sayang anda lewat air susu ibu.

     

  2. Air susu ibu dan kecerdasan

    Kebanyakan orang tua atau bahkan anda sendiri pasti mendambakan anaknya tumbuh pintar dan cerdas. Menjelaskan kenapa produk yang berhubungan dengan perkembangan otak laku keras di pasaran. Padahal suatu studi menunjukkan perbedaan tumbuh otak signifikan antara bayi yang diberi air susu ibu dengan yang tidak. Bagian terbesar yang membedakan keduanya adalah sentuhan, intimasi, dan kontak mata antara ibu dan bayi pada saat menyusui.

    Pada penelitian tersebut, bayi yang diberi air susu bunda cenderung mendapat nilai lebih tinggi saat tes IQ dan lebih kecil kemungkinan memiliki masalah mental di kemudian hari. Meskipun, efek ini paling banyak dirasakan oleh bayi yang masih muda, alias masih butuh air susu ibu. Kemungkinan adanya hambatan perkembangan otak sangat kecil yang berujung pada perkembangan otak positif jangka panjang, menyebabkan kemungkinan anak cepat tanggap, mudah mengingat sesuatu, dan pintar secara sosial. Manfaat ASI ekslusif pada otak apakah mendorong anda untuk mulai memberi air susu ibu kembali ?

     





Ditampilkan sebanyak : 417
Blog posted by

Ibu Harus Tahu Cara Agar Anak Tidak Mengalami Alergi Makanan


Blog posted on 16-02-2017

Anak ibu alergi terhadap makanan? Itu artinya ibu harus informasi yang satu ini. Informasi ini akan membuat anak bebas mengkonsumsi makanan apapun tanpa harus khawatir anak alergi makanan.



Alergi membuat banyak orang khawatir. Apalagi alergi tersebut disebabkan mengkonsumsi makanan yang sebenarnya nilai gizinya sangat tinggi.



Mungkin jika anak ibu mengalami hal tersebut, ibu akan mengganti dengan menu makanan yang lain. Namun, bagaimana jika ternyata anak alergi terhadap banyak makanan? Tentu sangat merepotkan karena hanya beberapa menu makanan saja yang bisa ibu berikan.



Informasi berikut ini akan membuat ibu lega dan akhirnya ibu bisa mengatasi masalah anak alergi terhadap makanan.



Resiko Anak Mengalami Alergi Makanan



Sebenarnya, faktor keturunan juga menjadi penyebab utama mengapa anak alergi makanan tertentu. Jadi, lihat dulu ibu atau suami ibu apakah mengalami alergi terhadap makanan tertentu? Jika ya, maka wajar jika anak ibu juga mengalami hal yang sama.



Akan tetapi, jika ternyata ibu dan suami ibu tidak merasa alergi terhadap makanan apapun, maka ada beberapa hal lain yang perlu ibu ketahui.



Anak alergi bisa disebabkan pola asuh yang tidak benar. Satu pertanyaan yang harus ibu jawab. Apakah ibu sudah memberikan makanan ketika si kecil baru berusia 3-4 bulan? Jika ya, maka bisa jadi itulah faktor penyebab mengapa anak ibu mengalami alergi terhadap makanan.



Bayi di bawah 6 bulan tidak boleh mendapatkan asupan gizi selain dari ASI. Hal ini bukan tanpa alasan. Yang pertama, ASI merupakan sumber terbaik untuk bayi di bawah 6 bulan. Yang kedua, bayi di bawah 6 bulan belum siap untuk mencerna makanan. Oleh sebab itu, memberikan makanan kepada bayi usia di bawah 6 bulan itu seperti sebuah pemaksaan. Akibatnya, anak akan mudah mengalami masalah kesehatan, salah satnya terkena alergi.



Akan tetapi, tidak itu saja yang menyebabkan anak alergi makanan. Hal ini juga bisa disebabkan oleh lingkungan yang kurang sehat. Udara yang penuh dengan asap rokok bisa menyebabkan anak mengalami alergi lho. Jadi, harus dipahami asap rokok tidak hanya berbahaya bagi paru-paru si kecil, tapi juga bagi kesehatannya secara keseluruhan.



Informasi semacam ini seharusnya diketahui oleh para orang tua. Bahkan, seorang calon ibu harusnya sudah memahami bagaimana cara merawat dan mengasuh bayi dengan baik.



Alergi Terhadap Susus



Selain alergi terhadap makanan, anak bisa juga mengalami alergi terhadap susu. Mungkin saja ibu memilih susu yang salah. Untuk balita, pilihlah susu balita yang terbaik.



Namun, tidak itu saja. Untuk memastikan anak ibu tidak mengalami alergi, ibu sebaiknya mengatur pemberian susu. Berikan susu dengan takaran lebih sedikit dari yang dianjurkan. Susu tersebut bisa ibu berikan satu atau dua kali sehari. Lihat reaksinya selama satu minggu. Jika tidak terjadi alergi, maka ibu bisa memberikan susu balita sesuai dengan takaran yang dianjurkan.



Terkadang susu sapi membuat anak mengalami alergi. Hanya saja, jika ibu memberikan susu balita terbaik, maka alergi akan terjadi karena kandungan nutrisinya sudah diperhitungkan dan sudah sesuai dengan kebutuhan sang buah hati.





Ditampilkan sebanyak : 286
Blog posted by

Ibu Hamil Suka Makan Buah Asam. Ini dia Penyebabnya


Blog posted on 06-02-2017

Kebanyakan ibu hamil suka makan buah asam. Bahkan ada yang ngidam buah seperti ini lho. Namun, apakah ibu tahu kenapa hal ini sering terjadi?



Mungkin ibu juga merasakan hal yang sama. Ketika dokter mengatakan ada janin di dalam kandungan, ibu sepertinya merasa memiliki hobi yang berbeda. Ketika siang, ibu suka makan buah yang asam.



Dan berikut ini adalah penjelasannya mengapa ibu mengalami hal tersebut. Namun, yang tak kalah penting lagi adalah apakah apa yang ibu konsumsi itu baik. Apakah buah asam untuk ibu hamil itu diperbolehkan?



Ibu Hamil Kelihangan Nafsu Makan



Tahukah ibu sebagian besar ibu hamil kehilangan nafsu makan? Hal ini dialami oleh kebanyakan ibu hamil, terutama ketika kehamilan baru menginjak trimester pertama. Jadi, jika ibu mengalami hal tersebut, itu sangat wajar.



Namun, di lain sisi, ibu lebih tertarik dengan buah yang asam. Sebenarnya, tidak hanya buah asam saja, tapi juga makanan yang asam seperti makanan dengan salah satu bahannya berupa asam jawa.



Menurut ahli medis, kesukaan ibu hamil terhadap buah asam ini lebih disebabkan oleh hilangnya nafsu makanan saat hamil muda. Pada saat itu, terjadi peningkatan hormon yang sangat signifikan di mana hal ini berpengaruh terhadap hilangnya nafsu makan. Dan pada saat yang sama, buah yang asam lebih menarik bagi ibu hamil.



Lebih dari itu, ada juga penjelasan di mana ngidam buah asam tersebut disebabkan reaksi alami tubuh. Ada sebuah penelitian menyebutkan bawasannya ngidam merupakan sebuah reaksi yang dilakukan oleh tubuh karena kekurangan sesuatu. Ketika ibu ngidam buah asam, ada kemungkinan tubuh ibu kekurangan vitamin C.



Terlepas dari itu semua, apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi buah asam? Dalam hal ini, ada beberapa pertimbangan yang harus ibu ketahui.



Sisi Buruk Buah Asam Bagi Ibu Hamil



Sebenarnya tidak ada yang salah dengan buah asam. Bahkan, buah asam itu bagus karena cenderung memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi.



Namun, hal tersebut tidak lantas tidak ada efek buruk buah asam bagi ibu hamil. Efek buruk ini bisa saja terjadi pada kondisi tertentu.



Buah asam akan menaikkan resiko seseorang mengalami diare. Ini tidak hanya terjadi pada ibu hamil, tapi secara umum kepada siapa saja. Selain itu, buah asam juga bisa membuat



asam naik lambung. Ini yang seharusnya lebih diantisipasi. Apalagi jika kehamilan sudah mencapai trimester kedua. Ibu sangat beresiko terkena asam lambung naik.



Apakah ada kaitannya dengan kesehatan bayi di dalam kandungan? Untungnya, buah asam tidak mengganggu kesehatan bayi di dalam rahim. Akan tetapi, tetap saja ibu harus waspada. Jangan salah memilih buah. Tidak semua buah, terutama buah asam itu bagus untuk ibu hamil lho.



Yang pasti, mengkonsumsi makanan apapun jika berlebihan itu tidak dianjurkan. Apalagi ibu sedang mengandung. Ibu harus menjaga asupan gizi. Dan salah satu cara yang tepat untuk menjaga asupan gizi adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bervariasi. Dengan demikian, semua gizi terpenuhi.



 





Ditampilkan sebanyak : 381
Blog posted by

cara menurunkan panas


Blog posted on 12-01-2017

Demam merupakan gejala umum pada saat sakit. Suhu tubuh meningkat di atas normal. Baik pada bayi, anak-anak maupun dewasa, peningkatan panas tubuh ini tetap harus diwaspadai dan dipantau. Kenaikan suhu tubuh yang berlebihan dapat memberikan implikasi medis yang serius. Akibat dari panas tubuh yang berlebihan, salah satunya adalah kejang demam, yang umum terjadi pada anak-anak. Hal ini merupakan respon tubuh, terutama otak, atas kenaikan suhu tubuh yang berlebihan. Terjadinya kejang demam pada anak dapat beragam, dari yang ringan, seperti mata melotot hingga berat, seperti kejang seluruh tubuh. Berdasar durasinya, kejang demam dibagi menjadi : Kejang demam yang sederhana, terjadi dari beberapa detik hingga 15 menit. Terjadi pada seluruh baian tubuh dan tidak akan terulang kembali selama 24 jam. Kejang demam yang kompleks, yang dapat terjadi lebih dari 15 menit, dapat dapat terulang kembali dalam 24 jam. Pada bayi dan anak-anak, titik kritis panas tubuh adalah 38 derajat Celcius. Sedangkan pada orang dewasa, suhu 39,4. Pada titik suhu seperti ini sebaiknya harus diwaspadai, sebab sampai saat ini, belum ditemukan obat yang dapat mencegah terjadi kejang demam. Yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan menurunkan suhu tubuh yang terlalu tinggi. Untuk menurunkan panas tubuh dapat diberikan obat penurun panas. Namun jika perlu obat tidak juga membuat suhu tubuh turun, dilakukan kompres. Ada 2 jenis kompres, yaitu kompres panas dan kompres dingin. Diantara kedua hal tersebut, mana yang paling tepat? Kompres dingin untuk saat ini dianggap tidak tepat. Kompres dingin tidak direkomendasikan untuk mengatasi demam karena dapat meningkatkan pusat pengatur suhu (set point) hipotalamus, mengakibatkan badan menggigil sehingga terjadi kenaikan suhu tubuh. Kompres dingin mengakibatkan pembuluh darah mengecil (vasokonstriksi), yang meningkatkan suhu tubuh. Selain itu, kompres dingin mengakibatkan anak merasa tidak nyaman. Dengan kompres panas, tubuh akan dirangsang untuk mengeluarkan keringat. Jika keringat telah keluar, secara alami suhu tubuh akan turun. Penggunaan kompres panas selama kurang lebih 10-15 menit akan membuka pori-pori dan mengeluarkan keringat sehinggga panas tubuh berkurang melalui prosesd penguapan. Bagaimana cara yang tepat menggunakan kompres panas saat demam? Begini caranya: Sebelum mengompres, sediakan baskom kecil berisi air hangat dengan suhu ± 38 ºC. Basahi handuk atau waslap dengan air hangat tersebut. Saat mengompres, bukalah baju yang dipakai. Letakkan handuk di ketiak dan lipatan paha, bukan di dahi. Ketiak dan lipatan paha dilintasi pembuluh darah besar, sehingga segera memberi sinyal ke pusat pengatur suhu di otak untuk menurunkan demam. Kompres bagian tersebut ± 10 menit. Bila handuk sudah berkurang hangatnya, ulangi lagi dengan membasahinya dengan air hangat. Kompres lagi sampai suhu tubuh anak menurun. Selesai mengompres, seka bagian yang habis dikompres (kemungkinan basah) dengan cara menekan-nekan kulit, jangan digosok. Gunakan handuk kering. Kenakan kembali baju. Pilih baju yang tipis dan longgar sehingga membantu meredakan demam melalui proses penguapan.Tutupi dengan selimut tipis apabila kedinginan atau menggigil. Saat ini banyak beredar kompres instan berupa plester kompres. Efektifkah menggunakan plester kompres ini untuk menurunkan demam? Plester kompres terbuat dari hidrogel sebagai penyerap panas. Dilihat dari cara kerjanya, plester kompres sama dengan melakukan kompres dingin. Sesuai dengan uraian di atas, kompres dingin tidak direkomendasikan. Jadi sebaiknya jangan dilakukan. Namun bila panas tubuh tidak juga turun, sebaiknya segeralah untuk mencari pertolongan medis. 





Ditampilkan sebanyak : 720
Blog posted by

menunggu buah hati


Blog posted on 12-01-2017

4 tahun sudah berjalan waktu,,,kami berdua masih menunggu hadir nya buah hati kami berdua...pertama di periksa alhamdulillah sehat,di suruh nunggu selama 6 bulan kalau 6 bulan belum juga hamil kami berdua suruh datang lagi k.spog,,tpi karna suami ku orang nya susah dan mungkin dia masih pengen terus sabar nunggu lagi akhir nya gak jadi di periksa,,1 tahun berjalan setelah di periksa kami berdua datang lagi k spog,hanya saya yang di periksa lagi lagi alhamdulillah ga ada masalah,di kasih obat buat suami istri,nunggu sebulan masih belum isi,yang tadi nya harus ke dokter lagi dan lagi lagi suami gak mau suruh sabar nunggu lagi,dia bilang nunggu sampai 4 tahun,kalau 4 tahun masih belum isi dia baru mau di periksa,sekarang sudah 4 tahun di ajak buat k spog alasan nya nanti pertengahan tahun,pengen nya tahun sekarang setelah nunggu 4 tahun pengen di inseminasi...udah menggebu2 pengen cepet2 di kasih momongan,,udah pengen banget gendong sama meluk anak sendiri...doain yah bund smga suami ke buka hati nya untuk mau di periksa dan cepat di kasih momongan...amin





Ditampilkan sebanyak : 867

Comment by:
Salam kenal bund.. Mau tanya, dmana Bpk Ir. H Anda Juanda praktek nya? Ada no tel nya? Terima kasih bund..
Dikirim : 2010-06-28

Comment by:
Salam kenal bund.. Mau tanya, dmana Bpk Ir. H Anda Juanda praktek nya? Terima kasih bund..
Dikirim : 2010-06-28
 page  1  2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
gwendolliyna's blog :