SITE STATUS
Jumlah Member :
484.472 member
user online :
2059 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Terlambat haid dan kram perut tanda hamil?




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Terlambat haid dan kram perut tanda hamil?
Oleh :


assalamualaikum dok...saya wanita usia 26 sudah menikah akhir tahun kemarin. terakhir haid saya tanggal 19 juli 2016, sampai sekarang belum dapat. seharusnya tgl 20 agustus sudah haid..tapi tgl 18 sempat keluar darah sedikit.saya kira haid, tp sewaktu saya pakai pembalut tdk keluar darah sama sekali..kalau dihitung smpai hari ini saya terlambat 18 hari..tp payudara masih terasa sakit,nyeri,dan agak membesar...anehnya lagi pagi ini sampai siang merasakan kram perut yg amat sakit..apakah ini merupakan tanda kehamilan? tp saya tidak merasakan mual/muntah...mual hanya kadang2 saja...mohon penjelasaanya dok...oh iya dan sebulan ini sudah 2x divonis darah rendah...
terimakasih
   
 
Bidan menjawab


Wa'alaikumussalam bunda Noir Laila Rizki Septiani.,

Adanya keterlambatan haid memang dapat menjadi salah satu tanda tidak pasti adanya kehamilan. Keluhan yang bunda alami, selain disebabkan oleh adanya kehamilan, dapat juga disebabkan oleh adanya faktor lain, seperti gangguan hormonal, stress, aktifitas yang berlebih, gangguan pada rahim, serta efek samping dari pemakaian obat. Disarankan untuk melakukan tes kehamilan dengan menggunakan tespack, atau bunda dapat memeriksakan keluhan bunda langsung pada dokter, pemeriksaan fisik, USG dan pemeriksaan laboratorium diperlukan untuk mengetahui penyebab keluhan, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman