SITE STATUS
Jumlah Member :
484.146 member
user online :
2352 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kleuar Flek atau gumpalan darah tanda hamilkah?




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Kleuar Flek atau gumpalan darah tanda hamilkah?
Oleh :


Assalamualaikum bu. saya baru berusia 19 tahun tetapi saya sudah menikah, saya tidak terlalu mengerti tentang kehamilan. Jadi gini bu saya haid pd tanggal 1 juli dan berakhir 6 juli, setelah itu saya haid kenbali tgl 31 juli pd tgl 3 agustus saya berhub intim dgn suami, posisi nya itu haid saya sudah ingin berenti krn hanya keluar bercak coklat. biasa nya saya haid sangat sakit bu bisa bisa ga bisa gerak hanya bisa bedrest biasa jika saya haid tulang2 paha pinggul semuanya sakit tetapi pd tgl 21 agustus tiba2 keluar bercak coklat bersama lendir jd encer bu saya tidak merasakan apa2 sakitpun tidak hanya terasa kram dibawah pusar dan bberap hari sebelum keluar bercak coklat saya lebih sering kencing. beberapa jam kemudian saya kencing menemukan gumpalan darah kecil dimiss v saya sdgkan dipembalut hanya ada bercak2 coklat bu tetapi encer ? ini pertanda apa bu :') saya harap harap cemas karna pingin hamil jg hehe oh iya perut dibawah terasa lebih kencang nafas terasa lebih sesak. takut jg si brharap lebih mohon dijawab ya bu terimakasih banyak :)
   
 
Bidan menjawab


Wa'alaikumsalam bunda Damini Safitri,

Menstruasi normal berlangsung selama 2-7 hari setiap 21-35 hari. Bila ada flek atau perdarahan diluar siklus haid, sebaiknya diwaspadai.  Keluhan ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, antara lain faktor hormonal, adanya kista endometrosis, polip, dan lainnya. Pada wanita usia muda, penyebab terjadinya keluhan ini umumnya akibat dari faktor hormonal. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti USG dan Inspekulo, untuk mengetahui secara pasti penyebab terjadinya keluhan, sehingga tindakan dan terapi yang tepat dapat diberikan.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman