SITE STATUS
Jumlah Member :
485.731 member
user online :
1074 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Persiapan persalinan dan kontrasepsi




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Persiapan persalinan dan kontrasepsi
Oleh :


bu bidan.sy hpl akhir juli / awal agustus,persiapan apa saja yg perlu sy bawuntuk persalinan?
dan sy ingin Asi ekslusif untuk bayi saya kira" kb ap yg cocok? dan kpn wktu kb bisa d laksanakan?trimaksih
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Teti Ika Wardani,

Beberapa hal yang wajib bunda fikir dan persiapkan untuk persalinan, antara lain

1. Menentukan tempat bersalin.

2. Mempersiapkan transfortasi jika terjadi kegawatdaruratan, seperti pecah ketuban ataupun gerakan janin tidak dirasakan.

3. Mempersiapkan dana.

4. Mempersiapkan barang-barang yang diperlukan untuk bersalin, seperti pakaian yang nyaman untuk bunda gunakan sebaiknya yang memiliki kancing dibagian depannya sehingga mudah untuk menyusui bayi, pakaian dalam ( BH untuk menyusui dan celana dalam ) secukupnya, pembalut wanita khusus untuk ibu bersalin, gurita atau korset untuk ibu bersalin, handuk dan perlengkapan mand. Untuk keperluan bayi biasanya sudah disiapkan oleh rumah sakit. Bunda cukup membawa persiapan untuk pulang dari rumah sakit, seperti popok, baju bayi, kaos dalam, bedongan, selimut, sarung tangan dan kaki, dan gendongan. Persiapkan semua dalam satu tas dan letakkan ditempat yang mudah terjangkau dan jangan lupa memberitahu pasangan tentang tas tersebut.

Apabila bunda memberikan ASI eksklusif dalam 6 bulan pertama sejak melahirkan, sebenarnya sudah dapat mencegah kehamilan ( MAL = Metode Amenore Laktasi ). Ada beberapa metode kontrasepsi pasca persalinan untuk busui yang tidak mengurangi jumlah ASI, yaitu kontrasepsi non hormonal terdiri dari IUD/AKDR, Kondom, dan kontap ( kontrasepsi mantap ). Sedangkan alat kontrasepsi hormonal yaitu metode yang mengandung hormon progestin saja, seperti implant/susuk KB, suntik KB 3 bulan, dan pil KB khusus untuk busui.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman