SITE STATUS
Jumlah Member :
482.259 member
user online :
2598 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Membedakan keputihan dengan darah putih nifas




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Membedakan keputihan dengan darah putih nifas
Oleh :


Dok saya mau tnya tentang pervedaan darah putih nifas sama keputihan biasa?? Apakah kental trus bening itu darah putih nifas?? Atau keputihan?? Tolong jelaskan dok
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Siti Musyrifah,

Pasca persalinan, tubuh akan memulai tugas baru, salah satunya adalah proses pembersihan diri atau yang biasa disebut dengan masa nifas yang berlangsung sekitar 40 hari. Selama 10 hari pertama, darah akan keluar melalui vagina yang disebut dengan lochia. Secara bertahab, cairan lochia akan mengalami 4 tahap perubahan, baik warna, bau, dan kekentalannya.

1. Lochia Lubra berwarna merah segar, keluar hingga hari ke 3. Terbentuk dari darah segar, jaringan sisa-sisa plasenta, sel-sel dinding rahim, sel lemak janin, rambut janin ( lanugo ), dan kotoran janin saat didalam rahim ( mekonium ).

2. Lochia Sanguinolenta berwarna merah dan berlendir. Perubahan antara lochia Lubra ke lochia Sanguinolenta biasanya berlangsung hingga 1-2 minggu.

3. Lochia Serosa berwarna kecoklatan lalu merah muda. Cairan ini berisi serpihan jaringan, sel-sel darah merah dan darah putih, serta sisa lendir mulut rahim. Mulai keluar pada 2 minggu hingga 1 bulan setelah melahirkan.

4. Lochia Alba berwarna kekuningan lalu bening. Berisi sedikit sel darah merah dan sebagian besar terdiri dari sel darah putih, serpihan jaringan pelapis dinding rahim, kolesterol, lemak dan lendir. Lamanya keluar sekitar 2 minggu, yakni dari minggu ke 4 sampai minggu ke 6. Bila cairan Lochia sudah berwarna bening, tandanya masa nifas berlangsung normal.

Keputihan sendiri dapat dibagi menjadi keputihan normal dan keputihan abnormal. Jika cairan keputihan berwarna bening, tidak berbau, encer dan tidak gatal, maka keputihan termasuk normal. Apabila cairan keputihan berwarna kehijauan atau kecoklatan, berbau tidak sedap, menimbulkan rasa gatal, kental dan bergumpal, maka keputihan termasuk abnormal. Penyebab keputihan setelah melahirkan bisa beragam. Jika kepitihan normal, berarti terjadi karena perubahan hormona. Jika keputihan abnormal, bisa terjadi karena pengaruh jamur didalam organ intim.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman