SITE STATUS
Jumlah Member :
482.195 member
user online :
2738 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Menghitung usia kehamilan




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Menghitung usia kehamilan
Oleh :


dok saya haid terakhir tanggal 4 maret suci tanggal 18 maret, bulan april sudah tidak haid lagi sampai sekarang alias saya hamil dok jadi haid terakhir bulan maret. perkiraan janin saya umur berapa ya dok, dari bidan bilan umur janin saya 12minggu lebih 2 hari, tapi dokter Spog bilang kalo masih umur 10 minggu . yang bner yang mana ya dok? trimaksih
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Rizna Kumaini Fatoni,

Perhitungan usia kehamilan memang dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan perhitungan manual dengan hari pertama haid terakhir ( HPHT ) dan perhitungan melalui pemeriksaan USG janin. Perhitungan melalui HPHT dapat dipercaya apabila siklus haid teratur dalam 6 siklus terakhir. Kekurangan perhitungan ini adalah sering kali lupa akan kepastian tangga hari pertama haid terakhir sebelum hamil, sehingga perhitungan usia kehamilan dapat meleset dari usia kehamilan sebenarnya. Bila HPHT bunda sangat jelas, maka usia kehamilan yang benar adalah berdasarkan dari HPHT.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman