SITE STATUS
Jumlah Member :
480.459 member
user online :
1617 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Payudara Sakit Saat Menyusui




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Payudara Sakit Saat Menyusui
Oleh :


Assalammualaikum bu bidan, saya mau bertanya, saat ini anak saya usianya 6 bulan dan saat ini puting payudara saya sebelah kanan terkoyak (lecet) tetapi tidak mengeluarkan darah, sakit sekali saat saya menyusui, anak saya suka menggigit bu karena gigi bawahnya sudah mulai terlihat tumbuh, apa yang mesti saya lakukan ya bu, apa saya harus pakai silikon penyambung untuk menyusui, apakah ada obat untuk menyembuhkan lecet / luka pada payudara saya? mohon jawabannya bu. terima kasih.
   
 
Bidan menjawab


Wa'alaykumussalam bunda Larasliza,

Puting lecet memang kerap menjadi keluhan para bunda yang sedang menyusui. Penanganan untuk puting lecet adalah dengan cara

1. Mengolesi sekitar puting dan areola payudara dengan ASI, karena ASI mengandung zat antibodi. Hal ini merupakan cara yang efektif untuk mengobati puting yang lecet.

2. Memompa ASI dapat menjadi cara untuk meminimalisir terjadinya lecet. Tindakan ini akan membantu melunakkan dan memanjangkan puting payudara.

3. Sebaiknya puting dibiarkan terbuka atau diangin-anginkan sesering mungkin. Apabila tidak mungkin untuk mengangin-anginkan puting, gunakan pelindung payudara yang berbentuk kuba yang terbuat dari plastik ( tetapi bukan puting sambungan ) dapat digunakan untuk melindungi puting dari gesekan dengan pakaian bunda. Bantalan payudara (breast pads ) akan membuat daerah puting menjadi lembab sehingga dapat memperburuk kondisi puting yang lecet, selain itu juga dapat menempel pada luka di puting. Jika sangat merembes, gunakan breast pads diluar pelindung payudara.

4. Salep kadang-kadang dapat membantu, jika memang sangat diperlukan, gunakan hanya sedikit saja setelah menyusui dan jangan mencuci puting setelahnya. Salep Lanolin adalah salep puting serbaguna yang dapat digunakan untuk mengatasi puting yang lecet.

5. Selipkan jari bunda diantara mulut bayi dan puting sehingga jika bayi menggigit, bunda dapat menarik puting.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman