SITE STATUS
Jumlah Member :
484.260 member
user online :
2148 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Benturan perut saat hamil




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Benturan perut saat hamil
Oleh :


Selamat pagi dok,saya sedang hamil 6 bulan anak pertama dan 1 minggu lagi masuk 7 bulan..tadi saya mau berangkat kerja dengan suami naik motor dan saya naik motor dengan posisi menghadap depan bukan ke samping..saat naik saya mulai dengan posisi memanjat dan tanpa sengaja perut saya tidak sengaja terbentur punggung suami karna terburu-buru,apakah berpengaruh terhadap janin dan sejak kapan janin mulai menghisap jempolnya...? trima kasih dok
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Vika,

Terjadinya benturan pada perut saat hamil memang kadang membuat bunda merasa khawatir, apakah berpengaruh terhadap janin didalam rahim. Rahim memiliki membran yang sangat kuat yang melindungi janin, bila terjadi benturan dengan orang, benda atau berdesak-desakan. Cairan amnion didalam kantung ketuban juga meredam benturan pada janin. Meskipun demikian, pukulan keras oleh benda tumpul atau jatuh pada posisi perut, dikhawatirkan menyebabkan terlepasnya plasenta.

Keahlian janin menghisap jempol sudah dimulai sejak minggu ke 19 karena otak janin telah mencapai jutaan saraf motorik, sehingga janin mampu membuat gerakan sadar seperti menghisap jempol. Refleks hisap ini membantu saat bayi sudah dilahirkan, sehingga sang bunda tidak perlu lagi memaksakan untuk menyodorkan puting.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman