SITE STATUS
Jumlah Member :
485.644 member
user online :
1829 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Terlilit Tali Pusar dan Posisi Kepala Janin Agak Miring Ke Kanan




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Terlilit Tali Pusar dan Posisi Kepala Janin Agak Miring Ke Kanan
Oleh :


Assalamualaikum bu bidan, sya mau nanya. Skrg sya hamil anak ke 2 skrg usia 38 minggu 2 hari dgn berat terakhir wkt usg 3,1kg . Yg ke 1 meninggal di dlm kandungan usia 4 bulan. Kmarin hari jumat sya usg ternyata ada 1 lilitan tali pusar, dan kepala janin agak miring ke kanan. Padahal 4 hari sebelumnya sya usg tdk ada lilitan dan posisi kepala sudah dijalan lahir. Yg sya tanyakan Apakah masih bs utk merubah posisi janin kembali ke jalan lahir bu bidan? Kalau bs bagaimana caranya. Soalnya saya ingin sekali melahirkan dgn normal. Terimakasih sblmnya bu
   
 
Bidan menjawab


Wa'alaykumussalam bunda Zelvi,

Pada umumnya, proses persalinan tidak akan terganggu, meski janin terlilit tali pusat. Janin tidak akan terjerat, karena satu lilitan dileher janin hanya mengurangi panjang tali pusat. Untuk mengubah posisi kepala janin, disarankan untuk melakukan posisi knee chest ( bersujud dengan kaki sejajar pinggul dan dada sejajar lutut ), berkomunikasi dengan janin agar mau mengubah posisinya, menyinari perut dengan lampu senter, arahkan perlahan kearah tulang kemaluan bunda, melakukan senam hamil, dan tetap rutin melakukan pemeriksaan kehamilan untuk mengetahui posisi terakhir janin. Meskipun lilitan tidak mengganggu proses persalinan, tetapi bila ada rekaman janin menunjukkan gambaran yang tidak normal atau kepala bayi yang tidak turun-turun, maka tindakan operasi merupakan jalan yang terbaik.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman