SITE STATUS
Jumlah Member :
484.287 member
user online :
2108 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Mioma bisa hamilkah?




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Mioma bisa hamilkah?
Oleh :


Selamat Siang Bu Bidan, saya ada keluhan penyakit Miom, dr Spog menyarankan untuk operasi dalam jangka waktu 6 bulan lagi, sebelumnya keluhan saya haid sakit sekali selama 4 hari berturut2, skrg sdh 2 siklus haid saya tidak sakit lagi pas saya mnm obat dr dr vit dan mineral dan obat paracetamol menjelang haid, apakah saya bisa hamil bu? dan apakah miom saya bisa hilang tnpa operasi?? terima kasih
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Rosa Rosdiana,

Miom atau menurut istilah medisnya Mioma uteri merupakan sebuah tumor yang terdapat pada rahim yang sifatnya jinak. Pada sedikit kasus ( 1:1000 ), mioma uteri dapat berubah jadi ganas dan disebut sebagai Leiomyosarcoma. Mioma uteri seringkali tidak bergejala, biasanya gejalanya akan timbul setelah diketahui ada penekanan dari mioma uteri ke organ disekitarnya seperti usus, salurang kencing atau kantung kencing, sehingga menimbulkan sensasi berat atau penuh diperut bagian bawah. Pengobatan mioma uteri secara umum ada beberapa macam, antara lain ekspektasi (menunggu ), operatif ( operasi ), dan medikamentosa ( obat-obatan ). Diagnosis dini merupakan pengobatan utama dari mioma uteri sebelum ukurannya menjadi terlalu besar dan menimbulkan gangguan dan keluhan. Beberapa pasien dengan kesulitan untuk hamil ternyata dapat segera hamil setelah operasi pengangkatan miom. Biasanya dokter akan memberikan pilihan pengobatan terbaik yang sesuai dengan kondisi bunda.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman