SITE STATUS
Jumlah Member :
482.243 member
user online :
2777 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Papsmear




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Papsmear
Oleh :


Dr dokter terakhir saya disuruh papsmear ,tapi saya bingung papsmear apa dan RS mana yg bagus atau ke dokter mana ,spesialis kulit kelamin atau spesialis kandungan .
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Nurul Aini,

Papsmear atau tes pap adalah pemeriksaan dengan mengambil contoh sel-sel leher rahim, kemudian dianalisa untuk mendeteksi dini kanker rahim. Selain itu, dengan tes ini kita juga bisa menemukan adanya infeksi atau sel-sel yang abnormal yang dapat berubah menjadi sel kanker sehingga kita bisa segera melakukan tindakan pencegahan. Papsmear penting untuk wanita, terutama yang aktif melakukan hubungan seks dan sudah pernah melahirkan. Papsmear dapat dilakukan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Papsmear dapat dilakukan diberbagai rumah sakit maupun klinik bersalin. Agar hasil papsmear optimal, sebaik papsmear dilakukan sekitar 5 hari setelah haid atau 10-20 hari setelah hari pertama haid agar leher rahim bersih dari sisa darah haid, 2 hari sebelum melakukan papsmear hindari melakukan hubungan intim dan jangan membersihkan vagina dengan sabun ataupun krim juga douching ( penyemprotan obat atau larutan tertentu kearah liang vagina ).


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman