SITE STATUS
Jumlah Member :
482.255 member
user online :
2733 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bayi 4 minggu perut buncit dan kembung




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Bayi 4 minggu perut buncit dan kembung
Oleh :


Assalamu"alaikum bu bidan...sya mau tanya..anak sya berusmur 4 minggu..pertanyAan sya..apakah perut bayi yg buncit itu normal..dan sering kali kembung dan kentut....apakah smua itu normal bu bidan???wassalamu'alaikum....mohon jawbannya bu bidan..trimakasih...
   
 
Bidan menjawab


Wa'alaykumussalam bunda Listari Myshop,

Selama bulan-bulan pertama bayi bernafas menggunakan otot perut, dimasa ini pula terjadi tekanan yang tinggi dalam rongga perutnya, karena organ dalam tubuh bayi tengah berkembang. Ditambah lagi, kulit, lemak maupun dinding otot perutnya masih tipis dan lemah sehingga belum bisa menahan dorongan organ-organ didalam rongga perut. Itulah sebabnya ukuran perut bayi kelihatan lebih besar dan melebar ( perut tampak buncit ) ketimbang dadanya. Hal ini masih dianggap normal. Untuk membedakan antara perut buncit yang normal dengan yang tidak normal, dapat dilihat dari bentuk perut yang buncit maupun dari gejala yang muncul. Bila organ hati yang bermaslah dan mengalami pembesaran, bayi akan tampak kuning dan perut bagian kanannya terasa keras. Bila kelainan berkaitan dengan masalah darah, bayi akan tampak lemah dan pucat, saat perut kiri diraba terasa keras. Bila ditemui tanda tersebut, seera konsultasikan dengan dokter, pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium dan USG dan mungkin perlu dilanjutkan dengan CT Scan, perlu dilakukan untuk menegakkan diagnosa, sehingga terapi serta tindakan yang tepat dapat diberikan.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman