SITE STATUS
Jumlah Member :
484.260 member
user online :
2233 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

persalinan normal vs mata minus tinggi




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

persalinan normal vs mata minus tinggi
Oleh :


saya hamil 8 bulan dengan keadaan mta minus 9. apakh sya bsa melahirkn scr normal?
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Anis Sulistya,

Bumil dengan mata minus dapat melahirkan secara normal, asalkan sebelumnya diperiksakan dulu kondisi retinanya. Resiko robekan lebih besar pada mata minus tinggi, kriteria minus tinggi adalah diatas 6 dioptri. Yang perlu diingat, robekan retina pada dasarnya dapat terjadi pada semua orang, tidak hanya pada orang yang memiliki mata minus atau plus. Tapi, memang robekan lebih rentan terjadi pada mata minus. Disarankan untuk memeriksakan kondisi retina ke dokter spesialist mata ( Opthalmologist ) bagian retina. Dengan menggunakan alat khusus yaitu Opthalmoscope, dapat terlihat jelas apakah ada robekan atau tidak, dan letak daerah robekan tersebut, jika memang diketahui ada robekan dapat dilakukan tindakan secepatnya. Bila ada resiko robek retina, diskusikan pada dokter kandungan bunda untuk mencari cari persalinan terbaik untuk bunda.



 


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman