SITE STATUS
Jumlah Member :
486.021 member
user online :
1984 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Heartburn dan BB hamil 28 minggu




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Heartburn dan BB hamil 28 minggu
Oleh :


Bu bidan , saya mau tanya masuk kehamilan 28 week, saya mulai merasa ngilu dan panas di sekitar ulu hati, dan juga ngilu di daerah selangkangan sblh kiri. jadi setip bergerak ngilu nya sangat terasa.
cara mengatasi nya bagaimana bu ?
dan juga selama hamil hingga masuk 28 week ini berat badan saya naik hanya 5kg saja. tapi setiap cek ke dokter. berat badan bayi normal sesuai usia kandungan.
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Susiisnani,

Gangguan nyeri ulu hati atau biasa disebut heartburn sering dikonsumsi para bunda saat sedang hamil. Gangguan ini sering disebut dengan naiknya asam lambung, dimana ibu merasakan iritasi atau sensasi panas pada ulu hati akibat isi perut yang naik dari dalam. Saat hamil, plasenta memproduksi hormon progesteron yang juga membuat katub yang memisahkan ulu hati dan perut menjadi rileks. Karena itu, asam lambung bisa merambah naik ke perut dan menyebabkan rasa panas yang mengganggu. Untuk mencegah peningkatan asam lambung yang berlebih, disarankan untuk makan dalam porsi sedikit tapi sering, menghindari konsumsi makanan yang terlalu pedas, dan terlalu asam.

Nyeri didaerah selangkangan biasanya disebabkan oleh kondisi yang disebut Symphysis Pubis Dysfunction ( SPD ) ini terjadi karena pelepasan hormon relaksin, jumlahnya maksimal pada usia kehamilan 38-42 minggu, yang mengakibatkan pelunakan dan merenggangnya kedua tulang panggul. Pertambahan berat badan saat hamil sangat penting, sebab merupakan pertanda kehamilan berjalan dengan baik dan janin tumbuh dan berkembang di dalam rahim.

Bila BB (Berat Badan) bunda sebelum hamil normal, pertambahan BB yang dianjurkan adalah 9-12 kg. Bila BB bunda sebelum hamil berlebih, pertambahan BB yang dianjurkan adalah 6-9 kg. Dan bila BB bunda sebelum hamil kurang, BB yang dianjurkan 12-15 kg. Apabila bunda mengalami penurunan berat badan akibat keluhan mual dan muntah saat awal kehamilan, maka penambahan berat badan masih dapat dikatakan normal.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman