SITE STATUS
Jumlah Member :
483.998 member
user online :
741 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Penyakit Chagas




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Penyakit Chagas
Oleh :


malam dok, saya ingin tanya
beberapa hari yang lalu saat saya bangun tidur saya mendapati ada bentol ditangan saya dan setelah itu, saya mengalami gejala tidak selera makan dan badan lemaas membaik setelah 2 hari, dan setelah itu saya mendapati serangga yang persis seperti serangga tripatomine/tripatoma. Saya takut terjangkit penyakit chagas. Dan tadi pagi persisnya, saya juga mendapati ada bentol di badan saya dan setelah saya bersih rumah, saya mendapatkan serangga itu lagi dok.
kira-kira apakah saya harus cek darah untuk mengetahui penyakit saya itu?
saya takut jika chagas menyerang kesehatan saya.
mohon petunjuknya dok..
trims
   
 
Bidan menjawab


Dear Nickho Llihardo Armantyo,

Penyakit Chagas adalah penyakit inflamasi menular yang disebabkan oleh parasit Trypanosoma Cruzi, yang ditularkan ke manusia dari gigitan serangga Triatomine. Gejala terinfeksi Chagas terbagi menjadi 2 fase, yaitu

1. Fase akut yang dapat berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Gejala yang terjadi biasanya ringan dan dapat mencangkup, bengkak ditempat infeksi, demam, kelelahan, ruam, nyeri tubuh, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, mual, diare, muntah serta terjadi pembengkakan kelenjar.

2. Fase kronis dapat terjadi 10 sampai 20 tahun setelah infeksi awal.

Disarankan untuk memeriksaan diri pada dokter, apabila curiga terinfeksi Chagas. Pemeriksaan laboratorium diperlukan untuk menegakkan diagnosa.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman