SITE STATUS
Jumlah Member :
484.373 member
user online :
2183 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Nyeri di perut kiri bawah, dan payudara terasa kencang, Tanda Kehamilan?




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Nyeri di perut kiri bawah, dan payudara terasa kencang, Tanda Kehamilan?
Oleh :


Dear Dokter,
saya ingin bertanya seputar kehamilan, hari pertama di mensturasi terakhir saya adalah tanggal 16 Desember 2015, sampai saat ini saya belum ada tanda2 mensturasi kembali, saya sudah menikah selam 3 bulan, terakhir saya testpack tanggal 22 januari 2016 pada sore hari dan hasilnya negativ, saat ini saya belum TP lagi karena takut kecewa dengan hasil negativ, karena saya menginginkan kehamilan, yang saat ini saya rasakan terasa nyeri di perut sebelah kiri bawah, dan payudara terasa kencang dan sakit,saya sudah coba urut tradisional untuk mengetahui apakah hamil atau tidak, dan mereka bilang ada cabang bayi dalam perut saya, untuk memastikan saya 2 kali melakukan urut traditional dengan orang yang berbeda dan pernyataan yang sama yang saya dapatkan, mohon pencerahannya ya dokter, apakah saya memang benar hamil atau tidak menurut cerita yang saya sampaikan kepada dokter?,
Terima kasih,
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Mamisultan,

Biasanya haid yang tidak teratur apalagi setelah menikah lebih dikarenakan perubahan hormon didalam tubuh kita, dan kadang dapat pula disebabkan oleh perubahan gaya hidup, dan juga stres. Idealnya pemijatan dilakukan mulai dari usia kehamilan bulan ke 3, karena dibawah itu kehamilan sangat rentan terhadap resiko keguguran. Pemijatan juga tidak boleh dilakukan disembarangan area tubuh. Bagian tubuh yang boleh dipijat adalah kepala, bahu, punggung, panggul, bokong, tangan dan kaki. Sedangkan daerah perut tidak boleh dipijat, karena berhubungan langsung dengan kandungan dan organ reproduksi. Sebaiknya untuk memastikan adanya kehamilan, lakukanlah pemeriksaan USG. Sehingga dapat dipastikan penyebab terjadinya keterlambatan haid.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman