SITE STATUS
Jumlah Member :
484.075 member
user online :
2120 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Sakit di sekitar pinggang belakang




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Sakit di sekitar pinggang belakang
Oleh :


Bu bidan , saya mau tanya usia kandungan saya saat ini masuk ke 26minggu , tapi sekitar pinggang belakang sudah mulai berasa sakit dan tidak nyaman sekali , boleh minta solusi bu untuk sedikit mengatasi rasa sakit dan tidak nyaman ini , terimakasih
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Oriien.Saepudin,

Saat hamil, keluhan nyeri pinggang memang kerap dirasakan oleh para bunda. Saat rahim dan pert bunda membesar, seluruh otot akan meregang mulai dari pangkal paha, pinggang, perut, dan sepanjang tulang belakang. Selain itu rahim yang terus berkembang mengakibatkan keseimbangan tubuh bunda juga sedikit terganggu. Untuk mengurangi keluhan disarankan, bila posisi bunda lebih banyak berdiri, sebaiknya pertahankan posisi berdiri tegak, punggung lurus dan sejajar bahu, jangan membungkukkan punggung kearah belakang. Saat duduk upayakan tulang punggung sejajar dengan sandaran kursi dan kedua kaki menapak pada lantai. Hindari posisi terus menerus selama 6 jam. Lakukan senam ringan untuk rileksasi, mandi air hangat, posisi tidur terbaik adalah miring kearah kiri untuk melancarkan peredarahan darah dari bunda ke janin dan posisikan kedua kaki diganjal bantal tipis diantara kedua lutut. Bila keluhan sangat mengganggu aktivitas dan tak tertahankan, sebaiknya bunda berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan terbaik.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman