SITE STATUS
Jumlah Member :
485.665 member
user online :
1597 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Haid tidak teratur setelah kb iud




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Haid tidak teratur setelah kb iud
Oleh :


Dok.. saya abis pasang iud 40 hr stelah melahirkn. Nah skrg udh 4 bln.. tp haid saya jadi tak teratur.. kadang banyak kadang sedikit cuma wrn coklat aja. Nah skrg malah cm bercak doang trs bersih lg. Kadang darah keluar sedikit trs bersih lg jaraknya ga lama pula. Knp yaa? Waktu melahirkan sy sc.. apa ada pengaruh dari sc tsb?
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Keinarra,

Apakah bunda memberikan ASI secara eksklusif ?? Siklus haid biasanya akan kembali sedini mungkin 6-8 minggu pasca melahirkan, akan tetapi ada pula 6 bulan hingga 1 tahun pasca melahirkan. Menyusui merupakan salah satu faktor yang memainkan peran dalam menentukan periode haid, karena saat menyusui hormon prolaktin ( merangsang oroduksi susu ) menekan ovulasi, prolaktin juga menyebabkan menstruasi tidak teratur. Pasca pemasangan IUD, pada beberapa bunda akan mengalami adanya flek ataupun darah diluar masa haid, hal tersebut adalah salah satu bentuk adaptasi rahim dengan keberadaan IUD didalam rahim. Lama nya keluhan berbeda tiap individunya, ada yang berlangsung selama satu hari, tiga hari, bahkan ada yang berlangsung selama lebih dari sebulan dengan frekwensi yang agak sering. Jika keluhan flek berlangsung terus menerus, disarankan agar mengunjungi bidan atau dokter yang memasang IUD, agar mendapatkan penanganan yang tepat.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman