SITE STATUS
Jumlah Member :
485.732 member
user online :
1065 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kram Perut tanda hamil?




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Kram Perut tanda hamil?
Oleh :


Dok.. sblm ny kan sy nunda hamil sekitar 2th'an, nunda kehamilan ny dgn kondom aja.selama nunda hamil sy kram perut biasany di hari ke 1haid dan seminggu sblm haid sy paling merasakan pegal2, payudara nyeri *itu wajar kan y dok

nah br 3bln ini kami lepas kondom dok krn br mau ad anak, tp selama 3bln ini sy sk kram setelah bbrp hari berhubungan, padahal jadwal haid ny masi jauh dok.. dan rasa kram ny bs berlanjut sampai akhirny sy haid :( . apakah sperma perlu adaptasi di rahim dok? jd menimbulkan kram

selama 3bln ini pun sy ky dapet tanda2 hamil sprti kembung, nafsu makan, mual tp di TP negatif dok

itu knp y dok.. ap sy perlu usg?
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Wy Ant,

Dua minggu sampai sehari menjelang masa menstruasi pada beberapa individu, umumnya timbul keluhan ketidaknyamanan fisik maupun emosional, keadaan ini dinamakan premenstruasi syndrome ( PMS ). Ketidaknyamanan tersebut dapat berupa jerawat, perut kembung, sakit kepala, nyeri punggung, kram perut, payudara mengeras, diare, mudah marah, dan stres. Kram perut ringan yang dirasakan setelah berhubungan intim masih dianggap normal, selama tidak ada perdarahan. Saat berhubungan penis masuk kedalam dasar uterus dan disana otot kewanitaan akan bergerak seiring dengan aktivitas seks yang dilakukan. Otot akan mengalami tegang dan regang, inilah yang menyebabkan timbulnya keluhan kram. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialist kebidanan, USG diperlukan untuk menilai keadaan alat reproduksi, dan juga melakukan program kehamilan.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman