SITE STATUS
Jumlah Member :
485.644 member
user online :
1718 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

tinggi pundus bayi & letak kepala bayi




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

tinggi pundus bayi & letak kepala bayi
Oleh :


selamat siang dok ,,, saya mau bertanya usia kehamilan saya 28 minggu kurang ... pas waktu usia 27 minggu saya periksa ke dokter ,, ternyata tinggi pundus janin saya masih 20 cm ,normal kah dok ?
terus posisi kepala janin saya masih berada di atas dok .... trima kasih ya dok ,,, mohon untuk di jawab ... terima kasih dok ,,,
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Vebyya,

Pengukuran TFU berfungsi untuk menentukan tuanya kehamilan dan berat badan janin, karena TFU memberikan informasi mengenai pertumbuhan progresif janin dan merupakan cara penapisan mendasar untuk mendeteksi masalah yang terkait dengan tinggi fundus uteri yang terlalu besar dan terlalu kecil untuk memperkirakan usia kehamilan menurut tanggal. Meskipun demikian pengukuran TFU tidak selalu memperoleh hasil yang akurat. Bila pertumbuhan janin normal maka TFU pada kehamilan 28 minggu sekurangnya 25 cm. Apabila didapatkan hasil pengukuran TFU tidak ada peningkatan, maka dicurigai adanya pertumbuhan dan perkembangan janin yang terhambat. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan USG untuk melihat kondisi janin serta melakukan pengukuran bagian janin, agar dapat diketahui apakah berat janin sesuai dengan usia kehamilan. Posisi janin masih dapat berubah. Pada kehamilan minggu ke 34 sampai 36, janin biasanya masuk ke posisi tetap, yaitu kepala berda di bawah dan siap masuk panggul.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman