SITE STATUS
Jumlah Member :
484.151 member
user online :
2109 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Promil ada Kista




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Promil ada Kista
Oleh :


Dok.. Saya dari bulan februari 2013 sudah lepas kb suntik 3 bulan.saya kb sejak sehabis nifas tahun 2010. Setelah 8 bulan lepas kb saya baru keluar haid dan selama haid itu perut saya sakit disebelah kiri.. Sakit itu memang sudah ada sejak saya haid pertama kali waktu sekolah smp.. Tp saya coba cek k dokter kandungan bulan desember 2013 di usg bawah ternyata ada kista sebesat 3,1 di indung telur sebelah kiri. Tapu kata dokternya sih ga papa ga usah dipikirin katanya nanti dia hilang sendiri.. Lama kelamaan kok setiap mau haid terasa kaya org hamil. Ada mual, pusing dan sakit perut. Bulan juli 2014 kmrin saya cek lagi alhamdulillah kengecil menjadi 23,3cm kistanya.. Kata dokter saya harus hamil supaya kistanya hilang. Lalu saya di kasih resep obat tablet "asta plus" dan suami juga dksh"natto-10" dan di suruh berhubungan dr tgl 31-4 agust setelah itu miring k kanan krn rahim kirinya sudah tidak bagus.
Yg ingin saya tanyakan
Obat asta plus dan natto-10 itu untuk apa ya dok ? Untuk menghilangkan kistanya atau saya lgi dalam promil?.
Dan selama tanggal 31-4 itu harus berturut turut atau tidak ?
Apakah kista bisa hilang dengan adanya janin?
Trimakasih dok. Saya tunggu jawabannya
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Haya Farhan,

Kedua terapi yang diberikan oleh dokter adalah sebagai antioksidan. Anti oksidan berperan penting dalam memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh lingkungan, penuaan dan melindungi kerusakan sel dari radikal bebas.

Untuk hubungan intim sebaiknya dilakukan secara selang seling, seperti tanggal 31,2,4 atau tanggal 1&3.

Kista adalah bentuk pertumbuhan abnormal dari dinding ovarium. Kista terbagi menjadi 2, yakni kista fisiologis ( yang akan menghilang pada saat siklus haid yang akan datang ), dan kista patologis ( tidak menghilang pada siklus haid berikutnya ). Adanya kista yang kecil dan tidak membesar umumnya tidak akan mengganggu kehamilan maupun pertumbuhan janin, sebaiknya pemeriksaan kehamilan harus rutin dilakukan agar pertumbuhan serta perkembangan janin terpantau, dan pertumbuhan kista dapat terpantau, agar tindakan yang tepat dapat diberikan. Saat ini disarankan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi, rendah lemak, jauhi MSG, alkohol dan pengawet, serta olah raga secara teratur.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman