SITE STATUS
Jumlah Member :
483.998 member
user online :
718 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Nyeri Bokong atau Panggul saat hamil




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Nyeri Bokong atau Panggul saat hamil
Oleh :


bu,, knpa ya masuk minggu ke 24 saya sering sakit bokong ,, pada saat saya mau tidur ,, bokong terasa senut-senutan ,, trus aktifitas debay nya udh mulai aktif v saat dia gerak perut saya terasa sakit ?? kenapa ya bu ?
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Miell Mu"in Al-citrawiyyi,

Berdasarkan keluhan yang bunda kemukakan, kemungkinan bunda mengalami nyeri panggul belakang yang biasa dikenal sebagai Pelvic Grindle Pain ( PGP ). PGP disebabkan oleh kekakuan sendi panggul. Saat hamil tubuh akan memproduksi hormon relaksin yang berguna untuk melenturkan ligament sehingga memudahkan proses kelahiran bayi, namun hal ini ternyata membuat pergerakan antar sendi menjadi lebih tidak stabil. Ketidak stabilan serta kekakuan sendi inilah yang menyebabkan timbulnya keluhan nyeri. Peningkatan berat badan bunda juga berperan terhadap timbulnya keluhan nyeri pada panggul. Disarankan untuk melakukan senam untuk memperkuat otot dasar panggul, menghindari mengangkat beban terlalu berat, tidur dengan posisi miring dan tambahan bantal diantara kaki serta istirahat yang cukup. Segera periksakan keadaan bunda pada dokter, bila keluhan dirasakan semakin mengganggu.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman