SITE STATUS
Jumlah Member :
482.065 member
user online :
2257 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Keluhan hamil 11 minggu tidak bisa tidur, susah makan




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Keluhan hamil 11 minggu tidak bisa tidur, susah makan
Oleh :


Dok. saya baru menikah di oktober 2014, sekarang sedang hamil anak pertama di usia kandungan baru 11 minggu 3 hari, yang mau saya tanyakan. apakah hal wajar ketika saya tidak bisa tidur,susah makan,dan di tambah serasa badan kaya orang sakit padahal saya merasa sehat.. apakah itu bagian pembawaan dari jabang bayi? terimakasih
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Yayu L Basuki,

Sebelumnya saya ucapkan selamat atas khamilannya, semoga sehat sampai kepersalinan. Pada masa kehamilan pada beberapa bunda akan mengalami keluhan sulit tidur, hal ini disebabkan oleh adanya perubahan postur tubuh, perkembangan kehamilan serta faktor psikis. Disarankan untuk mencari posisi tidur yang dapat dirasakan nyaman ( miring kekiri atau kanan, letakkan bantal tipis atau guling untuk menahan perut ), ciptakan suasana kamar tidur yang tenang dan nyaman. Untuk keluhan susah makan dan badan seperti meriang ( tidak enak badan ) dapat disebabkan dari perubahan hormonal. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil tapi sering, makan saat makanan masih dalam keadaan hangat dan sediakan camilan sehat untuk dapat siap dikonsumsi kapan pun, serta mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air kira-kira 2-3 liter/ hari.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman