SITE STATUS
Jumlah Member :
485.541 member
user online :
2711 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Haid pasca KB




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Haid pasca KB
Oleh :


bu bidan..saya widya umur 36 tahun..anak saya 3.Sewaktu melahirkan anak kedua umur saya 34 tahun..saat kandungan umur 6 dan 7 bulan saya pernah pendarahan dan dianjurkan bedrest. Pendarahan bukan disebabkan kr placenta previa. Setelah melahirkan by caesar (bulan sep 2012) dan masa nifas selesai saya tidak mendapat haid...dan krnanya saya tidak KB. Pertama kali dapat haid adalah bulan agustus 2013 dan setelahnya saya tidak haid..,saat itu saya berpikir kalau hormon blm stabil sehinggan haid blm lancar..ternyata saya tidak haid kr saya hamil lagi..anak ketiga..Saat itu anak kedua berumur 20 bulan. Selama hamil otomatis saya tidak haid selama 9 bulan..setelah melahirkan by ceasar (bulan mei 2015) dan masa nifas selesai (masa nifas kurang dari 1 bulan) sampai saat ini (umur anak jalan 11 bulan) saya belum juga haid. Cuma bedanya setelah nifas selesai saya pakai KB pil menyusui..tp sudah 2 bulan ini saya tidak KB kr sering lupa minum pilnya. Hubungan dengan suami memakai sistem keluar di luar atau dengan kondom. Pertanyaan saya..knpa ya bu bidan kok saya belum juga haid..kondisi badan saya sehat..tidak sedang dalam masalah yg menguras tenaga dan pikiran. Saya masih menyusui walaupun tidak full.
Demikian bu masalah saya..mohon penjelasannya dan saya tunggu jawabannya.

Terimakasih
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda WidyaTyaswicaksono,

Kembalinya siklus haid pada keadaan normal pasca penggunaan KB hormonal berbeda tiap individunya, biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 6 bulan bebas hormon. Pada keadaan bunda selain adanya efek hormon dari alat kontrasepsi, hormon laktasi pun ikut berperan dalam keterlambatan haid. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter, untuk mendapatkan tindakan dan terapi yang sesuai, bila dalam jangka waktu 3-6 bulan belum juga haid


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman