SITE STATUS
Jumlah Member :
482.004 member
user online :
3117 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Hamil perut terasa panas setelah makan




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Hamil perut terasa panas setelah makan
Oleh :


bun .. kadang kalo habis makan perut terasa panas n mual itu kenapa yaa ...
padahal makan cuma pakek telur dadar aja ... tapi rasanya panas n mual ... susah bedain mana maag mana bukan .. takut juga kalo ada masalah sama si debay :-( tolong penjelasannya yaa ...
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Phoem Phoem Gommezz,

Umumnya bunda dengan riwayat sakit maag sebelum hamil, lebih beresiko mengalami heartburn ( kondisi dimana bunda merasakan panas / terbakar didaerah sekitar dada, dan rasa seperti tertusuk didaerah ulu hatinya saat hamil ). Penyebabnya makanan yg sudah masuk kedalam lambung terdesak naik kearah kerongkongan atau lebih dikenal naiknya asam lambung akibat rahim yang membesar. Hal ini dapat pula disebabkan dari meningkatnya hormon progesteron yang mempengaruhi sistem alat pencernaan. Untuk mengatasi keluhan disarankan untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah sedikit tapi sering, menghindari makanan yang berlemak, terlalu berbumbu, terlalu asam dan pedas, kafein serta mengandung soda, menghindari berbaring / tidur sesaat setelah makan, menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat terutama dibagian perut dan pinggang. Saat heartburn melanda, cobalah mengunyah permen karet karena permen karet mampu meningkatkan produksi air liur yang mampu menetralkan asam lambung dikerongkongan, berbaring dengan posisi tubuh bagian atas lebih tinggi untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan, konsumsi obat maag yang biasa dikonsumsi saat maag melanda, namun meski demikian sebaiknya periksakan keadaan bunda langsung dengan bidan atau dokter yang menangani kehamilan bunda untuk terapi terbaik.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman