SITE STATUS
Jumlah Member :
484.146 member
user online :
2252 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Gatal pada kemaluan setelah haid




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Gatal pada kemaluan setelah haid
Oleh :


Selamat sore dok, gatal ini saya rasakan setiap menstruasi sampai selesai menstruasi, gatal pada bibir kemaluan saya dan area sekitarnya. karena gatal, saya sering menggaruknya, dan selalu saya beri herocyn, apakah aman dok ?
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Tituttut, 

Saya selaku bidan akan membantu menjawab pertanyaan Bunda. 

Menjelang dan disaat menstruasi, sebagian besar wanita secara normal akan mengalami keluarnya lendir keputihan dan dilanjutkan dengan keluarnya darah menstruasi, tentunya kondisi ini meningkatkan resiko meningkatkan kelembaban didaerah vagina. Apabila kebersihan daerah vagina tidak terjaga dengan baik maka akan menimbulkan berbagai keluhan salah satunya adalah rasa gatal pada daerah vagina. Sebaiknya jangan menggaruk atau memberikan taburan herocyn, karena akan menimbulkan iritasi dan infeksi. Untuk mengurangi keluhan disarankan untuk membasuh daerah vagina dengan menggunakan sabun khusus dengan PH balance / air rebusan daun sirih, membasuh daerah vagina dari arah depan kebelakang, mengganti pakaian tiap terasa lembab, gunakan pakaian dalam dari bahan katun, menggunakan pembalut yang nyaman dan tidak menimbulkan iritasi pada saat menstruasi, menjaga daerah vagina agar tetap bersih dan kering, dan menghindari konsumsi makanan yang dapat memperparah rasa gatal seperti seafood, telur dan lain sebagainya yang dapat memicu alergi. Apabila keluhan sangat menggangu segera lakukan pemeriksaan langsung dengan dokter, untuk terapi serta tindakan yang tepat.



 



 


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman