SITE STATUS
Jumlah Member :
484.086 member
user online :
2468 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Sering masuk angin saat hamil




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Sering masuk angin saat hamil
Oleh :


Permisi bu bidan ,saya mau nanya,saya sebelum hamil gampang masuk angin ,kena kipas angin sedikit saja lgsg bersendawa dan merasa perut berangin.. Kini saya sdgn hamil uk 37 week dan dr awal hamil setiap mlm selalu merasa masuk angin dan perut tidak enak ,apa yah yg aman saya konsumsi untuk bikin perut saya mendingan atw tidak masuk angin lagi ? Trims..
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Rachman,

Saat hamil karena meningkatnya hormon progesteron, yang berakibat membuat jaringan otot menjadi rileks, demikian pula dengan saluran pencernaan bunda. Akibat dari rileksasi adalah melambatnya proses pencernaan sehingga gas bertambah, diperparah dengan adanya perkembangan rahim yang semakin membesar menimbulkan banyak rongga yang menyebabkan proses pencernaan melambat. Untuk mengatasi perut kembung, disarankan untuk mengunyah makanan dengan baik dan tidak berbicara saat makan karena dapat menyebabkan udara masuk kedalam perut, konsumsi makanan sebaiknya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, hindari makanan yang banyak mengandung gas, gunakan pakaian yang longgar, dan lakukan olah raga ringan seperti jalan pagi. Apabila keluhan dirasakan sangat mengganggu, sebaiknya lakukan pemeriksaan langsung dengan bidan atau dokter yang menangani kehamilan bunda, agar terapi dan tindakan yang tepat dapat diberikan.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman