SITE STATUS
Jumlah Member :
482.004 member
user online :
3133 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tali Ari-Ari Menumbung




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Tali Ari-Ari Menumbung
Oleh :


Beberapa bulan yg lalu saya melahirkan,saya pergi ke bidan jam 11 mlm, jam setengah 1 mlm pecah ketuban,dan jam 2 mlm saya diperiksa dan ternyata tali ari-arinya keluar dan kejepit oleh kepalanya kemudian saya diminta ke rumah sakit tanpa dibekali oksigen. jarak ke rumah sakit sangat jauh sekitar setengah jam perjalanan itu pun ngebut maklum jauh dari kota. setelah sampai di rumah sakit dokter memeriksa detak jantungnya. ternyata sudah tidak ada dan saya disarankan melahirkan dengan cara normal.dan memang tali ari-arinya lebih panjang dari pada yang lain..selama hamil saya belum pernah USG.yang jd pertanyaan:
1. apakah kasus tali menumbung bisa terlihat sebelumnya jika saya melakukan USG 3 dimensi?
2.apa yang menyebabkan tali ari-ari lebih panjang dari pada yang lain,sehingga tali tersebut menumbung?
terimakasih
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Elisastria,

Turut berduka ya bunda. Apabila bagian terendah janin tidak menutup dan mengisi pintu atas panggul dengan sempurna, maka bahaya tali pusat membumbung dapat terjadi. Tali pusat membumbung adalah  tali pusat berada disamping atau dibawah bagian terendah janin, apabila terjadi ketuban pecah maka tali pusat akan menempati salah satu dari 3 kedudukan, yaitu terletak disamping bagian terendah janin di PAP, turun ke vagina, melewati introitus dan keluar dari vagina. Pada pemeriksaan melalui USG biasanya dijumpai tali pusat yang panjang, atau adanya plasenta letak rendah. Panjang tali pusat rata-rata 50 cm, meskipun sebenarnya bervariasi da yang mencapai 90 cm bahkan lebih ataupun kurang dari 50 cm. Panjang dan pendeknya tali pusat tergantung pada gerakan janin, janin yang bergerak aktif merangsang pertumbuhan tali pusat menjadi lebih panjang ketimbang janin yang kurang banyak gerak.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman