SITE STATUS
Jumlah Member :
484.039 member
user online :
2045 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

payudara kecil pada ibu menyusui




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

payudara kecil pada ibu menyusui
Oleh :


mba, sy mau tanya sekarang sy sedang hamil anak pertama usia kandungan sudah 30 minggu,nah di payudara sy terdapat bintil bintil putih kecoklatan nempel di puting seperti kotoran/jerawat. sy sudah membersihkannya menggunakan minyak kelapa dan air hangat, ada yg bs lepas ada yg susah hilang dan kadang muncul lg bbrp minggu kemudian, kira kira itu apa yah mba, dan bagaimana cara membersihkannya,apa itu dapat memperhambat ASI keluar?
terimakasih
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Indahsaa, 

Perawatan payudara saat hamil sebagai persiapan pemberian ASI sangat penting untuk kelancaran produksi ASI setelah melahirkan. Pada derah aerola terdapat  bintil- bintil putih yang mengandung kelenjar yang memproduksi minyak sehingga dapat meminyaki dan melindungi putting susu saat menyusui. Cara yang bunda lakukan untuk membersihkan kerak yang menempel pada putting susu sudah benar, cukup oleskan kapas yang telah dibasahi dengan baby oil pada permukaan putting payudara, diamkan beberapa saat, setelah itu kerak melunak, angkat dengan menggunakan kapas lain yang sudah direndam di air hangat, setelah putting payudara bersih, bilas atau cuci dengan air hangat, tidak perlu menggunakan sabun. Bila kerak atau kotoran pada putting payudara tidak rutin dibersihkan maka, pengeluaran ASI akan terhambat.



 


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman