SITE STATUS
Jumlah Member :
484.026 member
user online :
2066 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kerokan saat hamil




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Kerokan saat hamil
Oleh :


Selamat pagi bu, saat mau nanya klo kerokan saat hamil boleh tidak? saat ini UK saya 24 minggu dan sudah 3 kerokan, dan itu pun hanya sebatas leher sampai punggung tidak sampai pinggang atau perut bagian bawah. Terima kasih sebelumnya
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Mega Ramdhayani,

Kerokan merupakan salah satu metode pengobatan tradisional dari jawa, walaupun dinilai ampuh mengobati masuk angin, namun dapat berdampak buruk pada tubuh tanpa kita sadarai. Pada bunda yang sedang mengandung, kerokan dapat menimbulkan kontraksi dini. Hal ini terjadi akibat saat dikerok, akan terjadi inflamasi. Yang menjadi masalah adalah saat terjadi reaksi penolakan inflamasi tubuh. Saat terjadi inflamasi, maka mediator anti inflamasi akan mengeluarkan suatu zat "Cytokines" yang dapat memicu pelepasan prostaglandin yang dapat menyebabkan kontraksi pada rahim. Jadi sebaiknya, untuk kerokan dihindari ya bunda.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman