SITE STATUS
Jumlah Member :
482.127 member
user online :
2858 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bagaimana cara menghitung awal kehamilan




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Bagaimana cara menghitung awal kehamilan
Oleh :


Dear ibu bidan,

Saya verawaty 29.th mau bertanya bgaimana cara menghitung awal kehamilan. Karena kasus saya ini sensitif. HPHT saya 30 sept 2014, saya menikah tgl 3 Oct'14 pertama nyampur tgl 6 oct'14, pada tgl 13 oct'14 saya plg ke jkt suami di jogja nah pd tgl 20 oct'14 saya cek masih negatif. Kmrn krna tgl 2 oct'14 saya merasa telat blm dpt haid saya cek lagi ternyata positif. Dan saya lgsg ke RS.Islam jakarta u/ USG dr. Blg sudah terlihat kantung & berumur 4-5 minggu. Nah yg bikin sensitif nya masa banyak yg blg hamil di luar nikah?!! Sedangkan saya nikah aja pas haid kemarin. Tkg di bantu jawab ya ibu bidan.


Thanks
-vera-
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Vee,

Sebelumnya saya ucapkan selamat atas kehamilannya, semoga bunda serta janin sehat sampai kepersalinan. Untuk menghitung usia kehamilan dapat diketahui dengan menggunakan rumus Naegle yaitu dengan menggunakan HPHT, bila dihitung dari HPHT bunda tanggal 30 September 2014 maka kehamilan bunda saat ini adalah 11-12 minggu . Rumus ini digunakan dengan menggunakan HPHT, karena tidak dapat dipastikan kapan terjadinya pembuahan. Bila siklus haid bunda 28 hari maka masa suburnya adalah tanggal 9 sampai dengan tanggal 14 Oktober 2014, kemungkinan terjadinya pembuahan adalah pada masa subur. Saat melakukan hubungan intim, kemungkinan besar bunda sedang dalam masa subur, sehingga pembuahan dapat terjadi. Hubungan intim yang dilakukan diluar masa subur sangat kecil kemungkinannya untuk hamil.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman